SOLOPOS.COM - Monumen Pers Nasional Solo. (Istimewa/mpn.kominfo.go)

Solopos.com, SOLO —Festival Pers 2023 dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) resmi dibuka di Monumen Pers Nasional Kota Solo, Rabu (1/2/2023). Serangkaian kegiatan Festival perayaan Hari Pers Nasional ini akan dilakukan selama satu bulan penuh.

Pembukaan tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Solo, Anas Syahirul, dan lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengapresiasi serangkaian kegiatan Festival Hari Pers Nasional 2023 yang digelar Monumen Pers. Gibran juga berterima kasih atas dukungan media yang berperan dalam pemulihan pascapandemi.

“Teman-teman media yang sudah luar biasa sekali selama dua tahun terakhir ini ya terutama pada masa-masa Covid kemarin ikut menyuarakan mensoundingkan tentang pentingnya vaksin dan lain-lain, sangat banyak sekali,” ucap dia saat jumpa pers di Monumen Pers Nasional.

Memasuki tahun politik, Gibran mengharapkan peran media sebagai insan pers bisa memberikan informasi berita yang edukatif dan positif kepada masyarakat umum.

“Ya harapannya nanti masuk tahun politik, ya kita harap segala pemberitaan bisa lebih mengedukasi warga, lebih banyak tone-tone positif, tone-tone optimisme dan harapannya nanti bisa mentrigger percepatan ekonomi pascapandemi,” ujar dia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong turut mengapresiasi Festival Pers 2023 yang bertema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat.

“Pemerintah mendukung kebebasan pers, tapi kebebasan pers itu harus dikelola dengan baik,” terangnya kepada wartawan.

Dengan begitu, kata Usman, pers tidak memunculkan output berita yang kualitasnya semakin menurun. Usman percaya pers yang bebas membuat demokrasi menjadi bermartabat.

Kepala Monumen Pers, Widodo Hastjaryo menerangkan puncak kegiatan HPN akan diadakan di Universitas Sumatra Utara, di Medan pada Rabu (8/2/2023).

“Semacam seminar, karena puncak HPN 2023 di sana dengan tema semangat jurnalistik mahasiswa dan intervensi kampus,” jelasnya.

Monumen Pers juga mengadakan Festival Pers 2023 yang dibagi lebih dari 10 kegiatan. Ia mengatakan Monumen Pers selalu menyelenggarakan serangkaian acara Festival Pers menyambut HPN setiap tahunnya.

Ketua panitia, Arnain Dian, menjelaskan pembukaan hari pertama festival Pers diisi dengan acara Talkshow bertema Masa Depan Pers Nasional untuk umum. Selain itu, Monumen Pers juga membuka Pameran HPN di era kepemimpinan Presiden Jokowi 2014-2022, pameran dilakukan selama satu bulan.

Kemudian, pada hari yang sama, Rabu (1/2/2023), Monpers membuka lomba mading 3D tingkat SMP/MTs, sampai batas pengumpulan pada Kamis (23/2/2023). Selanjutnya, lomba mewarnai bagi anak TK dan anak SD kelas I, lomba menggambar untuk anak SD kelas II – V dibuka pada Minggu (12/2/3034).

Lomba video pendek/vlog tentang Monumen Pers untuk mahasiswa dan umum dibuka mulai 6 sampai 23 Februari 2023.

“Untuk persyaratan pendaftarannya akan kami bagikan di akun Instagram resmi @monumenpers,” kata dia.

Selanjutnya, Monpers menggelar acara Workshop pada Februari 2023. Pertama, Workshop pembuatan video menggunakan HP/Vlog pada Sabtu (7/1/2023). Kedua, Workshop jurnalistik untuk umum pada Sabtu (21/2/2023).

Setiap hari Senin hingga Sabtu, Monpers membuka wisata literasi bagi sekolah-sekolah di Soloraya yang ingin mengunjung Monpers sambil menikmati pameran foto HPN, mengisi TTS Jumbo, Presenter Challange, dan Tiktok Challange.

Serangkaian Festival Pers 2023 menyambut HPN akan ditutup live music band top 40 bersama dengan pengumuman lomba video pendek dan mading.

Pengumuman lomba video pendek dan lomba mading akan dilakukan pada Sabru (25/2/2024). Karya para pemenanh lomba mading nantinya ikut dipajang bersandingan dengan Pameran Jokowi Era Kepemimpinan 2014 sampai 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya