SOLOPOS.COM - Kepala Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Padiyo, menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Yaspim Darussalam, Tri Subagyo, saat peresmian Rumah Qur’an di Dukuh Peren, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Minggu (25/9/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Yayasan Peduli Anak Yatim (Yaspim) Darussalam meresmikan Rumah Qur’an yang berlokasi di Dukuh Peren, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Minggu (25/9/2022). Selain peresmian Rumah Qur’an, Yaspim menyalurkan santunan ke anak yatim serta pemeriksaan kesehatan gratis.

Ketua Yaspim Darussalam, Tri Subagyo, mengatakan Rumah Qur’an terbuka bagi anak-anak yang ingin belajar membaca Al-Qur’an maupun mengaji. Untuk sementara, jadwal kegiatan digelar saban Kamis malam setelah Magrib.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Tri Subagyo menjelaskan Yaspim aktif di kegiatan kemanusiaan selama dua tahun terakhir atau sejak 2020. Lembaga itu terbentuk dari hal sederhana.

“Awalnya ada seorang anak yatim menunggak pembayaran SPP [sumbangan pembiayaan pendidikan]. Kami tergerak membantu. Kami urunan ada yang Rp20.000 sampai Rp25.000. Awalnya kurang dari 10 orang urunan,” kata Tri saat ditemui Solopos.com di sela peresmian Rumah Qur’an, Minggu.

Tak disangka, gerakan itu memantik semangat bersedekah dari berbagai pihak. Di sisi lain, masih banyak kaum duafa serta anak yatim yang membutuhkan uluran bantuan dari berbagai pihak. Alhasil, lembaga itu terbentuk.

Baca Juga: Yaspim Darussalam Klaten Gelar Program September Ceria 2022

Semakin lama jumlah orang yang ingin bergabung menjadi donatur semakin bertambah. Hingga kini, sudah lebih dari 300 donatur. Tak hanya warga Klaten, para donatur datang dari berbagai daerah seperti Lampung, Kalimantan, Papua, hingga luar negeri seperti Singapura.

Tri Subagyo mengatakan Yaspim Darussalam berkomitmen terus membantu warga kurang mampu dan membutuhkan.

“Kami setiap bulan ada program santunan anak Yatim. Anak-anak yatim yang sudah terbantu hampir 200 anak. Kami tidak mengundang mereka. Tetapi kami door to door mendatangi rumah mereka untuk mengetahui secara persis kondisi mereka,” kata Tri.

Baca Juga: Kisah Yaspim Klaten, dari Patungan Rp20.000 Kini Santuni Ratusan Anak

Peresmian Rumah Qur’an sekaligus pemberian santunan dan pemeriksaan kesehatan gratis dihadiri Pembina Yaspim Darussalam, Ngadi Sariro, serta Kepala Desa Jimbung, Padiyo.

“Mudah-mudahan Rumah Qur’an ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” kata Padiyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya