SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) akan menggratiskan pendidikan SMA/SMK bagi masyarakat mulai tahun ajaran baru pada Juli 2019 mendatang.

Pemprov telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,8 triliun untuk membiayai program yang diberi nama Program Pendidikan Gratis Berkualitas atau TisTas.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pemprov akan membiayai SPP bagi pelajar SMA/SMK se-Jatim. Program pendidikan gratis ini mulai berlaku pada tahun ajaran baru Juli mendatang.

Tahun 2019, kata dia, pemprov telah menganggarkan dalam APBD untuk pembiayaan pendidikan SMA/SMK senilai Rp1,8 triliun. Anggaran ini khusus untuk membiayai SPP seluruh pelajar SMA/SMK yang sebelumnya masih membayar uang SPP.

“Untuk sekolah negeri betul-betul gratis. Pemprov juga akan memberikan dua stel seragam,” ujar dia seusai mengumpulkan seluruh kepala daerah di wilayah Bakorwil I Madiun, Kamis (28/3/2019).

Khofifah menyampaikan pelajar yang bersekolah di SMA/SMK swasta juga akan mendapatkan bantuan dana pendidikan dari Pemprov Jatim. Namun, sifatnya hanya subsidi.

Menurut Khofifah, program TisTas ini untuk bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah. Selain itu juga untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia di wilayah Jawa Timur. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya