SOLOPOS.COM - Ilustrasi skuter listrik. (ntmcpolri.info)

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja tengah menyiapkan jalur khusus yang bakal digunakan pengguna skuter listrik saat berwisata. Jalur yang dipilih berada di wilayah Kotabaru yang menyimpan berbagai potensi wisata heritage atau wisata sejarah.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, mengatakan setelah keluarnya Surat Edaran (SE) Gubernur DIY soal pelarangan skuter listrik untuk beroperasi di Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulya, jawatannya ditugaskan untuk mencari area alternatif agar kendaraan itu tetap bisa beroperasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami coba cari alternatif dan mengusulkan agar kawasan Kotabaru ditambah lagi magnetnya dengan skuter listrik. Kami coba berikan alternatif di Fave Hotel ke selatan menuju Jalan Ahmad Jazuli kemudian balik ke utaranya menuju Jalan Faridan M Noto lalu ke Jalan Prau. Nanti melingkar jalurnya,” kata Wahyu, Jumat (13/5/2022).

Dia menegaskan, jalur itu dipilih lantaran masih tergolong sepi dibandingkankan dengan area lain di kawasan Kotabaru Jogja. Dengan begitu wisatawan pengguna skuter tidak akan terlalu menganggu pengendara lainnya dan membahayakan keselamatan diri sendiri.

“Kami tidak mau aktivitas ini akan membahayakan wisatawan. Jadi kami minta agar ada jalur khusus dan bukan di trotoar. Ini sedang dikaji oleh dinas pekerjaan umum dan dinas perhubungan,” ujarnya.

Baca juga: Ini Dia Skuter Listrik Minimalis Kolaborasi VFLY dan Porsche Design

Kotabaru memiliki banyak destinasi wisata alternatif berupa bangunan peninggalan sejarah, museum, tempat peribadatan ikonik. “Wisatawan tidak hanya berskuter. Nanti mereka juga bisa mampir ke berbagai tempat yang direkomendasikan untuk merasakan pengalamannya,” ucap Wahyu.

Ketua Paguyuban Pemilik Penyewaan Skuter Listrik Malioboro Adi Kusuma Putra Suryawan belum mengetahui jalur baru skuter listrik di Jogja. “Belum ada komunikasi dengan pemkot,” katanya.

Adi mengapresiasi upaya tersebut karena pihaknya masih menaruh harapan agar skuter listrik bisa berjalan kembali karena merupakan salah satu daya tarik bagi pariwisata. “Kami masih berharap skuter tetap dapat untuk bisa melintas di Malioboro meski hanya untuk berfoto,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul: Jogja Siapkan Jalur Khusus Skuter Listrik di Kotabaru, Ini Rutenya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya