SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka saat jumpa pers di Galeri Lokananta, Jumat (2/6/2023). (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, SOLO —Studio Lokananta termasuk satu dari 16 proyek prioritas pembangunan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka pada 2023. Sejak revitalisasi digarap pada November 2022, janji Gibran merevitalisasi Lokananta ini lunas dibayarkan pada awal Juni 2023.

Secara resmi, Lokananta akan dibuka untuk umum pada Senin (5/6/2023). Dua hari sebelum dibuka, studio rekaman bersejarah di Solo itu menggelar acara Festival Lokananta 2023. Dengan nama baru Galeri Lokananta, Gibran mengajak seluruh lapisan masyarakat Solo meramaikan tempat tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tinggal kita ramaikan tempat ini nanti, jadi teman-teman, anak muda, para musikus bisa berkreasi mencurahkan ide di sini,” ucap dia saat jumpa pers di Lokananta, Jumat (2/6/2023).

Lokananta, kata Gibran, ada di nomor 14 dari 16 program prioritas pembangunannya pada 2023.

“Jadi udah mulai kita buka satu per satu. Jadi Kota Solo jangan sampai diejek sebagai kota yang tidak punya destinasi,” papar dia.

Gibran pun menargetkan kunjungan di Lokananta bisa 10% dari Masjid Sheikh Zayed per harinya. Masjid tersebut bisa menjangkau mansyarakat sebanyak 30.000 per hari. Artinya, Lokananta ditarget bisa mencapai 10% dari 30.000 pengunjung Masjid Sheikh Zayed atau sekitar 3.000 pengunjung per hari.

Senada, Direktur Utama Danareksa, Yadi Jaya Ruchandi, menyebutkan kapasitas maksimal pengunjung lokananta sekitar 3.000 pengunjung. Lokananta berfokus pada lima pilar bisnis meliputi museum atau galeri, studio rekaman, arena pertunjukan, ruang amphitheater, area F&B, dan galeri UMKM.

“Pembangunan fisik Lokananta dimulai pada November 2022 yang ditandai dengan perhelatan Lokananta Reload pada 27 November 2022, dan diselesaikan dalam waktu hanya enam bulan,” ucap dia.

Lokananta memiliki luas 2,1 hektare di pusat Kota Solo. Revitalisasi dan pengembangan Lokananta telah melalui proses bisnis dan uji tuntas yang komprehensif dengan mengedepankan tata kelola yang baik, sehingga diharapkan Lokananta menjadi entitas bisnis yang berkelanjutan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya