SOLOPOS.COM - Seorang pengunjung naik gondola pengangkut barang di Girpasang, Tegalmulyo, Kemalang, Sabtu (12/9/2020). Meski gondola tersebut diperuntukkan mengangkut barang, ternyata banyak pengunjung yang berminat menaikinya. (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN –Pemerintah Desa (Pemdes) Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten bertekad membangun gondola yang diperuntukkan bagi penumpang. Selain mencegah terjadinya korban jiwa karena banyaknya peminat yang menumpang gondola pengangkut barang, gondola yang diperuntukkan mengangkut orang tersebut bakal menjadi wahana wisata baru di Girpasang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, guna memudahkan mengangkut barang, warga Girpasang membangun gondola pengangkut barang sejak 2017. Berbekal gondola pengangkut barang itu, warga tak lagi mengangkut barang dengan menyusuri ribuan anak tangga berjarak dua kilometer. Dukuh Girpasang merupakan daerah terpencil di lereng Gunung Merapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seiring berjalannya waktu, gondola pengangkut barang itu mengalami perluasan fungsi. Gondola yang dibikin dengan anggaran senilai Rp37 juta itu ternyata juga berfungsi mengangkut manusia. Dalam sekali angkut, gondola tidak boleh ditumpangi lebih dari tiga orang. Hal ini demi mendukung keamanan para penumpang gondola.

Kasus Terus Covid-19 Solo Melonjak, Batasan Usia Anak Ke Mal Justru Dilonggarkan

“Kami berencana membangun gondola yang dikhususkan mengangkut orang atau manusia. Pembangunan bisa dimulai akhir tahun ini nanti [akhir 2020]. Ini untuk memenuhi kebutuhan safety orang yang ingin menumpang. Jika menumpang gondola pengangkut barang, kami akui safety-nya kurang,” kata Kepala Desa (Kades) Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Sutarno, saat ditemui wartawan di Girpasang, Sabtu (12/9/2020).

Anggaran Rp150 Juta

Sutarno mengatakan kebutuhan total pembangunan gondola yang dikhususkan mengangkut manusia senilai Rp200-an juta. Di tahap awal, Pemdes Tegalmulyo baru menyediakan anggaran senilai Rp50 juta. Rencananya, gondola yang diperuntukkan mengangkut penumpang berada di sebelah selatan atau sebelah timur dari gondola pengangkut barang yang sudah ada.

“Panjang sling gondola pengangkut manusia jauh lebih panjang dari sling gondola pengangkut barang. Panjangnya bisa mencapai 170 meter [sementara panjang sling gondola pengangkut barang 137 meter]. Nantinya, gondola itu akan digerakkan dengan dinamo [secara elektrik]. Targetnya, pembangunan gondola pengangkut orang itu dilakukan sebelum pembangunan jembatan gantung yang dijanjikan gubernur Jateng beberapa waktu lalu,” katanya.

Cek Rekening! Bantuan Modal Usaha Tahap Ke-2 Untuk 7.000 UMKM Sukoharjo Sudah Cair

Hal senada dijelaskan Ketua RT 017/RW 012 di Girpasang, Tegalmulyo, yakni Sugino, 35. Salah satu kebutuhan mendasar bagi warga Girpasang yang kemudahan akses. Di Girpasang terdapay 35 jiwa atau 12 kepala keluarga (KK) yang menempati di 10 rumah.

“Semoga ke depan, aksesnya lebih mudah lagi. Itu saja harapan dari warga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya