Tutup Iklan
Sepeda motor baru untuk operasional kecamatan terparkir di halaman Setda Klaten, Selasa (11/12/2018).(Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Pemkab Klaten membeli 80 unit -motor-lawas-di-kenduri-motor-klaten" title="Pesta Motor Lawas di Kenduri Motor Klaten">sepeda motor serta 14 unit mobil baru. Alokasi anggaran untuk pengadaan kendaraan tersebut menggunakan dana APBD 2018.

Sebanyak 80 unit sepeda motor Honda Supra X 125 digunakan untuk kendaraan operasional Kasi Tata Pemerintahan, Kasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang tersebar di 26 kecamatan. Masing-masing kecamatan mendapat tiga kendaraan operasional baru. Khusus untuk Kecamatan Kemalang, selain tiga unit sepeda motor Honda Supra X 125, ada penambahan dua unit sepeda motor trail Honda CRF 150 cc.

Sementara, 14 unit mobil masing-masing yakni 10 unit Toyota Innova dan empat unit Toyota Avanza. Toyota Innova di antaranya untuk penggantian mobil dinas sekretaris daerah (Sekda), kepala organisasi perangkat daerah (OPD) diantaranya Disdagkop dan UKM, Bappeda, Disdik, serta mobil dinas di rumah dinas bupati. Sebanyak dua unit Toyota Innova dihibahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten. Sementara, Toyota Avanza diantaranya untuk menunjang operasional sejumlah OPD.

Kabid Aset Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten, Aris Pramana, menjelaskan Kecamatan Kemalang mendapatkan tambahan sepeda motor operasional dua unit lantaran kondisi medan di -kubah-lava-merapi-mengarah-ke-klaten" title="Bukaan Kubah Lava Merapi Mengarah ke Klaten">lereng Merapi yang terjal serta rawan bencana. Sepeda motor operasional itu sebagian digunakan untuk penggantian sepeda motor operasional Kasi Tata Pemerintahan di 26 kecamatan yakni Honda Supra Fit pengadaan tahun 2003.

Sepeda motor Honda Supra Fit ditarik ke Pemkab dan nanti rencananya digunakan perangkat kecamatan lainnya setelah ada perbaikan,” kata Aris saat ditemui wartawan di sela-sela penyerahan kendaraan operasional, Selasa (11/12/2018).

Kasubid Pengadaan dan Distribusi BPKD Klaten, Moh. Sholeh Bintoro, menjelaskan untuk mobil pelat merah yang diganti rata-rata hasil pengadaan pada 2005. Ia menjelaskan anggaran termasuk dalam pengadaan -mantri-pajak-klaten-dapat-hadiah-motor-dinas" title="26 Mantri Pajak Klaten Dapat Hadiah Motor Dinas">kendaraan dinas melalui APBD 2018. “Total anggaran untuk pengadaan kendaraan dinas tahun ini sekitar Rp4,5 miliar,” katanya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pengadaan kendaraan operasional baru itu dimaksudkan untuk menunjang operasional para pegawai terutama TKSK. Ia berharap pengadaan itu bisa memacu TKSK meningkatkan kinerja mereka. “Harapan saya itu dalam pendataan, TKSK lebih cermat lagi dengan sepeda motor operasional baru ini,” jelas dia.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten