Hore! Ojol hingga Sopir Angkot Boyolali akan Dapat BLT BBM, Jadwalnya Tunggu Ya

Pemkab Boyolali akan memberikan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) kepada para pekerja nonformal termasuk driver ojek online, ojek konvensional, hingga sopir angkot.

 Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali, Cipto Budoyo, saat bekerja di ruangannya, Senin (26/9/2022). ia mengungkapkan ojek daring dan ojek konvensional mendapatkan jumah bantuan yang berbeda yaitu Rp100.000 tiap bulan dan Rp150.000 tiap bulan. (Solopos/Ni’matul Faizah).

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali, Cipto Budoyo, saat bekerja di ruangannya, Senin (26/9/2022). ia mengungkapkan ojek daring dan ojek konvensional mendapatkan jumah bantuan yang berbeda yaitu Rp100.000 tiap bulan dan Rp150.000 tiap bulan. (Solopos/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALIPemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali telah menyiapkan anggaran Rp5 miliar yang akan digelontorkan untuk bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) kepada pekerja nonformal.

Beberapa orang yang akan mendapat BLT BBM adalah buruh gendong, ojek konvensional, ojek daring atau ojek online (ojol), juru parkir, sopir angkot, buruh tani, dan difabel.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali bertugas untuk melakukan pendataan penerima BLT BBM bagi ojol, ojek konvensional, juru parkir, dan sopir angkot.

“Untuk ojek konvensional ada 509 orang, juru parkir ada 534 orang, dan sopir angkot 87 orang. Mereka mendapatkan Rp150.000 hingga tiga kali,” ujar Kepala Dishub Boyolali, Cipto Budoyo, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (26/9/2022).

Cipto menjelaskan pada awalnya terdata juru parkir 534 orang, akan tetapi saat diverifikasi ulang ternyata 17 orang juru parkir tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Boyolali.

Baca juga: Kemusu Jadi Kecamatan Terluas di Boyolali, Luasnya Hampir 2 Kali Kota Solo

Untuk menambal data tersebut, ia mengatakan pada Senin ini, Dishub Boyolali akan mendata lagi juru parkir ber-KTP Boyolali agar mendapatkan BLT BBM sesuai kuota.

Kemudian, untuk ojek daring dari perusahaan Gojek, jelas Cipto, ada 226 orang. Dan ojek daring dari perusahaan Grab ada 79 orang. Masing-masing orang akan menerima bantuan Rp100.000 sebanyak tiga kali.

Berdasarkan data dari Dishub Boyolali, total akan ada 1.435 penerima bantuan dari sektor transportasi.

“Kemarin untuk data ojol sudah kami minta datanya ke manajemen yang mengurus, sudah kami koordinasikan. Untuk data seperti juru parkir begitu sudah kami mintai KTP dulu. Sehingga muncul data yang sekarang,” jelas dia.

Cipto menjelaskan memang terdapat perbedaan antara pelaku transportasi daring dan konvensional, yaitu daring Rp100.000 tiap bulan sedangkan konvensional Rp150.000 tiap bulan.

Baca juga: Klik cekbansos.kemensos.go.id untuk Daftar BLT BBM Mandiri Pakai HP

“Penyebabnya mungkin karena ojek online kan orderan-nya lebih ramai dibanding yang konvensional,” terang dia.

Saat disinggung terkait penyaluran BLT BBM untuk pekerja nonformal di Boyolali, Cipto Budoyo mengatakan belum ada instruksi dari Pemkab. Sehingga, Dishub Boyolali masih menunggu terkait teknis penyaluran BLT BBM Pemkab Boyolali.

Namun, ia mengatakan yang terpenting Dishub Boyolali telah menyediakan data penerima dan Pemkab sudah menyiapkan anggarannya.

“Kami menunggu [instruksi], misal mau lewat kelurahan atau desa, kecamatan, atau Kantor Pos ya kami tetap menunggu. Semisal lewat kami ya nanti penerima kami undang ke sini,” kata dia.

Ia berharap BLT BBM yang digelontorkan dari Pemkab Boyolali untuk pekerja di sektor transportasi dapat membantu meringankan beban penerima.

Baca juga: Temukan Penyimpangan BLT BBM, Silakan Lapor ke 0811 10 222 10

Dalam wawancara sebelumnya, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali, Insan Adi Asmono, mengatakan BLT BBM tersebut merupakan kewajiban Pemkab Boyolali.

Untuk BLT BBM, ia mengatakan besarannya bervariatif mulai dari Rp100.000 – Rp150.000 per bulan. “Kami kan sifatnya harus menutup kekurangan atau ruang-ruang yang berlubang dari proses subsidi yang dari perusahaan,” terangnya

Ia berharap BLT BBM dan bantuan lainnya yang diberikan Pemkab Boyolali dapat meringankan beban masyarakat. “Itu upaya maksimal kami, tetapi Pemerintah Kabupaten tetap membuat upaya-upaya lain yang baru kami inventarisir dan kami laksanakan kesiapannya,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Penghentian Siaran TV Analog Ternyata Tak Terjadi di Wonogiri

      Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, mengklaim kebijakan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak akan terjadi di Wonogiri.

      Soal Penghentian Siaran TV Analog, Diskominfo Klaten Tunggu Informasi Resmi

      Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten belum menerima informasi resmi terkait analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi terestrial analog dilakukan di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 2 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022, Tanpa Hujan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa Anda simak di sini.