SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kereta Panoramic. (Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Kabar gembira datang dari PT KAI Daerah Operaasional (Daops) IV Semarang yang sudah bisa melayani penumpang dengan menggunakan Kereta Panoramic mulai Selasa (21/3/2023). Kereta yang didesain khusus bagi penumpang yang ingin menikmati panorama di sepanjang perjalanan kereta api itu akan dioperasikan sebagai rangkaian KA Argo Muria dengan relasi Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Gambir Jakarta pulang pergi (pp).

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Ixfan Hendri Wintoko, mengatakan pengoperasian Kereta Panoramic ini merupakan yang perdana di lintas utara Pulau Jawa. “Para pelanggan nantinya akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa sepanjang perjalanan di lintas utara, di mana salah satunya melewati pesisir pantai utara di wilayah Kabupaten Batang,” terangnya.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang. Atap kaca ini juga bisa dibuka dan ditutup secara otomatis. Selain itu terdapat fasilitas lainnya berupa kursi yang nyaman, free wifi, tirai jendela yang bisa dikendalikan secara remote, toilet luas, sensor otomatis, televisi dinding, serta rak bagasi khusus.

Dalam setiap perjalanan, pelanggan Kereta Panoramic juga akan mendapatkan layanan khusus berupa makanan ringan, makan, minum, dan selimut. Kereta Panoramic di Semarang ini akan beroperasi mulai tanggal 21, 22, 23, 27, 28, 29, dan 30 Maret 2023.

“Setiap perjalanan KA Argo Muria di tanggal tersebut, KAI akan merangkaian 1 Kereta Panoramic dengan jumlah kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 38 seat,” ujar Ixfan.

Sementara itu, KAI hingga kini maasih menerapkan aturan naik kereta sesuai SE Kementerian Perhubungan (Kemenhub) No. 84/2022 dan SE Kemenkes Nomor HK.02.02/II/3984/2022. Aturan itu mewajibkan pelanggan berusia 18 tahun ke atas memiliki sertifikat vaksin ketiga atau booster.

“KAI akan terus menyosialisasikan kebijakan ini kepada para pelanggan dengan harapan para pelanggan semakin memahami persyaratan naik kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” tutup Ixfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya