Hore... Naik BST di Solo Bisa Gratis Tahun Depan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menganggarkan dana subsidi senilai Rp250 miliar pada 2020 untuk implementasi skema beli jasa atau buy the service transportasi massal di lima kota besar di Indonesia.

Hore... Naik BST di Solo Bisa Gratis Tahun Depan

SOLOPOS.COM - Unit bus terbaru BST yang digunakan di koridor satu Solo. (Solopos-Candra Mantovani)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menganggarkan dana subsidi senilai Rp250 miliar pada 2020 untuk implementasi skema beli jasa atau buy the service transportasi massal di lima kota besar di Indonesia.

Solo menjadi salah satu kota yang dipilih lantaran sudah memiliki layanan bus rapid dan menjadi pusat daerah sekitarnya, Soloraya.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengatakan selain Solo, kota besar yang mendapat program ini adalah Yogyakarta, Palembang, Medan, dan Denpasar.

“Meski Solo sudah memiliki Batik Solo Trans (BST), mereka tetap harus ikut lelang karena akan ada penataan rute baru. Semunya dilibatkan, kalau bisa termasuk angkutan pengumpan atau feeder. Harus saling melengkapi,” kata dia, saat dihubungi solopos.com, Senin (16/9/2019).

Budi mengatakan jika skema tersebut diterapkan layanan BST bisa digratiskan. Kendati begitu, hal tersebut masih harus diperhitungkan.

“Masih dihitung nanti, jadi belum bisa bilang pasti gratis, tapi mungkin bisa gratis. Karena belum dihitung berapa operator dan rutenya. Kalau tidak gratis, tarifnya menjadi lebih murah karena operasional bus disubsidi. Program enggak hanya berjalan pada 2020, bisa terus berlanjut. Tapi akan ada evaluasi,” papar Budi. 

Ia menyebut program buy the service sudah melalui pengkajian yang dilakukan bersama sejumlah pakar transportasi. Skema itu dipilih lantaran program bantuan bus belum berhasil di beberapa daerah.

“Ini masih dalam proses penguatan. Kami akan memilih formula yang kuat. Sampai sekarang, kami belum dapat paparan dari daerah. Tenggatnya akhir Oktober, mereka harus menyiapkan skemanya, karena pada November sudah harus lelang,” tandasnya.

Ia berharap program tersebut dapat membuat masyarakat beralih menggunakan transportasi umum, karena tarifnya murah. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)