SOLOPOS.COM - Museum Manusia Purba Sangiran. (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Ada kabar baik bagi Anda yang sudah lama ingin berkunjung ke Museum Purbakala Sangiran. Pemkab Sragen mulai besok, Selasa (12/11/2021) membuka kembali museum yang memamerkan tulang-belulang manusan dan hewan purba.

Asyiknya, di destinasi wisata ini tidak ada pembatasan usia. Anak-anak di bawah usia 12 tahun pun boleh masuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Museum Purbakala Sangiran, Pemkab Sragen juga membuka objek wisata religi Makam Pangeran Samudro.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Sragen, Mukhtar Achmadi, menjelaskan sementara ini baru dua destinasi wisata itu yang diizinkan buka. Museum Purbakala Sangiran berada di Kecamatan Kalijambe, dan Makam Pangeran Samudro atau kawasan Gunung Kemukus di Kecamatan Sumberlawang.

Baca Juga: Efek Kunjungan Sandiaga, Kuliner Desa Wisata Sangiran Ludes dalam 3 Jam

Tidak adanya batasan usia pengunjung bukan berarti tidak ada ketentuan khusus yang diberlakukan di dua objek wisata tersebut.

“Tetap menerapkan protokol kesehatan dengan kuota 25%. Kapasitas museum ada 100 orang saat normal. Petugas mengarahkan pengunjung masuk dengan jarak waktu 10-15 menit,” kata Mukhtar kepada Solopos.com, Senin (11/10/2021).

Selain dua destinasi wisata tersebut, kata Mukhtar Pemkab Sragen mengelola Kolam Renang Dan Obyek Wisata Kartika, Pemandian Air Panas Bayanan, dan Pemandian Air Panas Ngunut. Namun pengelola belum membuka wisata air saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Baca Juga: Museum Sangiran Masih Tutup, Ratusan Turis Lokal Kecele

Kasi Objek Daya Tarik Wisata dan Sarpras Pariwisata Dispora Sragen, Prima Ady Surya, menjelaskan pengelola telah menyiapkan sarpras supaya pengunjung menerapkan prokes, antara lain alat mengecek suhu tubuh, hand sanitizer, dan petugas bersiaga memastikan jumlah pengunjung yang masuk ruang museum.

“Lumayan banyak pengunjung Sabtu terus Minggu. Minggu pada tahunya pada dibuka padahal tutup. Ndelah pas hari libur [Minggu]. Selasa baru buka,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya