Hore! Mobil Perpustakaan Keliling di Solo Nambah
Ilustrasi mobil perpustakaan keliling. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Solo mendapat bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling (perling) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Mobil bantuan tersebut diharapkan menjangkau masyarakat luas yang ingin membaca buku koleksi Perpusatakaan Solo.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Solo, Sis Ismiyati, mengatakan bantuan tersebut diserahkan Rabu (29/1/2020) di Jakarta.

“Kami mendapat bantuan satu unit mobil perling dari Perpusnas. Ini saya masih di Jakarta untuk mengurus penyerahan tersebut. Rencananya penyerahannya besok [Rabu],” ujarnya, Selasa (28/1/2020).

Dikritik Anang Hermansyah, Nuca Solo Tereliminasi dari Indonesian Idol

Sis Ismiyati mengatakan, dengan bertambahnya mobil perpustakaan keliling tersebut, maka Disarpus Solo akan memiliki delapan unit perling.

“Sekarang kami sudah ada tujuh perling, sehingga dengan bantuan baru ini nantinya kami punya delapan unit,” imbuhnya.

Dia berharap, dengan bertambahnya unit perling tersebut, jangkauan perpustakaan kepada masyarakat semakin luas. Selama ini perling sudah menjangkau sekolah-sekolah, area Car Free Day (CFD), pusat keramaian, Taman Balekambang, dan sebagainya.

Bawang Putih dari China Tak Sebarkan Virus Corona, Pedagang Minta Ini

Sementara itu, sebagian anggaran Disarpus 2020 untuk pengadaan buku diarahkan untuk pembelian bacaan di mobil baru tersebut.

“Anggaran kami tidak banyak, sekitar Rp180 juta. Nanti akan kami gunakan untuk pembelian buku untuk mobil itu,” imbuhnya.

Selain itu, buku baru yang akan dibeli juga akan digunakan untuk mengganti koleksi buku di perling yang sudah ada.

Ciamik! Tahura Karanganyar Bakal Digarap Jadi Wisata Edukasi dan Konservasi

“Buku yang ada di perling kan sudah usang. Nanti akan kami perbarui lagi,” kata dia.

Di sisi lain, untuk mendorong minat baca masyarakat pihaknya akan melakukan kegiatan-kegiatan. Misalnya safari membaca, lomba-lomba, workshop, dan sebagainya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho