Pengendara sepeda motor masuk gedung Industri Kreatif Disperinaker Bojonegoro yang dimanfaatkan untuk Mal Pelayanan Publik, Senin (7/1/2019). (Antarajatim-Slamet Agus Sudarmojo)

Madiunpos.com, BOJONEGORO -- Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, akan meluncurkan Mal Pelayanan Publik (public service hall) di Pusat Pengembangan Gedung Industri Kreatif pada 7 Februari 2019. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Bojonegoro Kamidin di Bojonegoro, Senin (7/1/2019), mengatakan pelayanan dipusatkan menjadi satu sebagai usaha memudahkan masyarakat mengurus berbagai perizinan dan urusan lain.

"Pemkab memindahkan berbagai pelayanan kepada masyaraka yang semula di berbagai lokasi menjadi satu," ujar Kamidin ketika ditemui di Pusat Pengembangan Gedung Industri Kreatif Bojonegoro.

Meski belum diluncurkan, lanjut dia, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) sudah mengawali pindah untuk melayani masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan termasuk mengurus kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Agus Supriyanto yang menyebutkan pelayanan yang sudah berjalan seperti warga pencari kerja mencari kartu kuning.

"Semua pelayanan kepada masyarakat daftarnya tercantum dalam papan besar itu," ucap Kamidin seraya menunjukkan data terkait pelayanan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD), instansi vertikal, BUMD dan perbankan.

Ia mengatakan secara bertahap semua SKPD yang sudah masuk daftar di dalam mal pelayanan publik akan dipindahkan menjadi satu secara bertahap.

Sesuai data yang tercantum, ada 46 layanan mulai Dinas PM dan PTSP, Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang, Dinas PU Sumber Daya Air, Dinas PKP dan Cipta Karya, Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

Kemudian Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pendapatan Daerah, dan Bagian Sumber Daya Alam.

Selain itu adala pula instansi vertikal/BUMD/perbankan yaitu BPN, Kemenag, Layanan Polres, KPP Pratama, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PT Pos Indonesia, PLN Area Bojonegoro, Bank Jatim, BRI, BPR, dan PDAM. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten