SOLOPOS.COM - Rombongan Kodim 0728/Wonogiri tengah memantau lokasi yang bakal dijadikan lokasi pembangunan pompa hidram di Kabupaten Wonogiri, Selasa (6/9/2022). (Istimewa/Kodim Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Kodim 0728/Wonogiri berencana membangun pompa hidraulik ram atau hidram di tiga kecamatan di Kabupaten Wonogiri, yaitu Bulukerto, Tirtomoyo, dan Girimarto. Pompa tersebut dinilai dapat membantu masyarakat dalam menyediakan air bersih.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pembangunan pompa hidram baru itu masih berada pada tahap penentuan lokasi sumber air. Sementara, jadwal pelaksanaannya belum dapat dipastikan akan dimulai kapan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Deny Octavianto bersama Kasiter Korem 074/Warastratama, Letkol (Inf) Arif Isnawan meninjau tiga lokasi yang bakal dibangun pompa hidram, Selasa (6/9/2022). Turut hadir dalam rombongan itu, Lettu (Cpl) Jaya dan Letda (Czi) Hanid, Pasiter Kapten (Inf) Eko Budi Santoso dan Bati Bhkati TNI Pelda Among.

Lokasi pertama yang ditinjau berada di Dusun Sobo, Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto. Rencananya, pompa hidram di Dusun Sobo bakal digunakan 100 keluarga dengan total 460 jiwa.

Selanjutnya, di Dusun Ngroto, Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo, akan disalurkan kepada 100 keluarga dengan total 520 jiwa. Terakhir, di Dusun Demopo, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto, pompa hidramnya akan disalurkan kepada 115 keluarga dengan total 550 jiwa.

Baca Juga: Pengelolaan Air Berbasis Kearifan Lokal Harus Dilestarikan

Menurut Letkol (Inf) Deny, tujuan pembangunan pompa hidram membantu masyarakat menyediakan air bersih yang lokasi permukimannya di area tinggi. Ihwal pemilihan tiga kecamatan yang bakal dijadikan titik membangun pompa hidram, hal itu merupakan pilihan dari tim survei.

“Sebelumnya, tim sudah menyurvei beberapa kecamatan. Akhirnya, tiga kecamatan tersebut yang terpilih. Dengan adanya pompa hidram, warga akan terbantu mencukupi kebutuhan air bersih,” ujarnya, Selasa.

Meski lokasi pembangunan pompa hidram sudah ditentukan, jadwal pelaksanaan pembangunannya belum ada. Kodim 0728/Wonogiri masih menunggu petunjuk dan peralatan pembangunan.

“Belum bisa dipastikan kapan pelaksanaannya dan belum bisa diperkirakan berapa lama waktunya,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Penyebab Kabupaten Wonogiri Sering Alami Kekeringan Tiap Tahun

Disinggung mengenai jumlah personel TNI yang dilibatkan dalam pembangunan pompa hidram, ia mengaku bakal melihat perkembangan di lapangan. Nantinya, masyarakat juga dapat membantu proses pembangunan pompa tersebut.

Letkol (Inf) Deny berharap saat pompa hidram sudah dibangun dan siap pakai, warga semestinya memanfaatkan fasilitas itu dengan penuh tanggung jawab.

“Sehingga dalam menghadapi musim kemarau dapat memudahkan masyarakat memperoleh air bersih karena sudah disediakan melalui pompa hidram,” jelasnya.

Terpisah, Camat Bulukerto, Juwariah, mengaku mendapat informasi ihwal pembangunan pompa hidram di wilayahnya dari Koramil setempat. Ia juga menyambut baik rencana distribusi bantuan tersebut.

Baca Juga: Penanganan Sedimentasi Sungai Keduang Wonogiri Dinilai Belum Efektif

“Namanya dibantu alhamdulillah. Saya berterima kasih. Sebisa mungkin akan kami manfaatkan dengan baik nantinya,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa.

Solopos.com telah mencoba meminta konfirmasi kepada dua camat di Tirtomoyo dan Girimarto. Namun, kedua camat belum dapat dimintai keterangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya