SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kereta API yang beroperasi dari Daop 6 Jogja. (Istimewa/KAI).

Solopos.com, SOLO — Dua kereta api (KA) baru akan beroperasi dari Stasiun Solobalapan, mulai 1 Juni 2023, yakni KA Manahan dengan relasi Solobalapan – Gambir (PP) dan KA Banyubiru dengan relasi Solobalapan – Semarangtawang (PP) atau Solo Semarang.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, melalui rilis kepada wartawan, Senin (15/5/2023) mengatakan rangkaian KA Banyubiru terdiri atas 4 kereta Eksekutif dan kereta Ekonomi dengan kapasitas per kereta Eksekutif sebanyak 50 tempat duduk dan Ekonomi sebanyak 80 tempat duduk.

Promosi Gelar PackFest 2024, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas dengan Kemasan Kekinian

Dalam sehari, KA Banyubiru dari Stasiun Solobalapan – Semarangtawang atau Solo ke Semarang akan berangkat sebanyak dua kali.

Keberangkatan pertama kereta dari Solo – Semarang ini dimulai pukul 10.40 WIB –  pukul 12.42 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit).

Sedangkan keberangkatan kedua yakni mulai Pukul 17.15 WIB – Pukul 19.31 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit).

KA Banyubiru dengan keberangkatan siang akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Salem, Gundih, dan Brumbung sebelum berakhir di Stasiun Semarangtawang.

KA Banyubiru dengan keberangkatan sore akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Salem, Gundih, Padas, dan Brumbung sebelum berakhir di Stasiun Semarangtawang.

Sementara, rangkaian KA Manahan nantinya akan terdiri atas 8 kereta Eksekutif dengan kapasitas per kereta adalah 50 tempat duduk. Dalam satu harinya, KA Manahan akan berangkat sebanyak 2 kali, yaitu pukul 09.45-18.03 WIB (waktu tempuh 8 jam lebih 18 menit) dan 22.35-06.36 (waktu tempuh 8 jam lebih 1 menit) WIB.

KA Manahan dengan keberangkatan pagi akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kroya, Purwokerto, Cirebon, Cikarang, dan Jatinegara sebelum berakhir di Stasiun Gambir.

KA Manahan dengan keberangkatan malam akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, Purwokerto, Cirebon, dan Jatinegara sebelum berakhir di Stasiun Gambir.

Layanan Kepada Masyarakat

Manager Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, di Solo, Senin (15/5/2023) mengatakan pengoperasian kedua KA tersebut sebagai upaya KAI dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Pada tahap awal, baik KA Manahan maupun KA Banyubiru akan beroperasi pada akhir pekan,” katanya dilansir dari Antaranews.com.

Ia mengatakan dengan dioperasikannya KA baru tersebut diharapkan akan menambah pilihan perjalanan menggunakan KA, sehingga masyarakat dapat menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan.

Untuk menambah minat masyarakat, di awal operasi, pihaknya menerapkan tarif promo, yakni KA Manahan seharga Rp200.000 dan KA Banyubiru dengan tiket Rp30.000 untuk kelas eksekutif dan Rp20.000 untuk kelas ekonomi.

“Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023,” katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya KA baru tersebut akan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya