Tutup Iklan

Hore! Bus Sekolah Gratis Madiun Beroperasi Mulai 1 Februari 2019

Dinas Perhubungan Kota Madiun melakukan uji coba terhadap tiga bus sekolah untuk program angkutan sekolah gratis (ASG), Kamis (24/1/2019).

Hore! Bus Sekolah Gratis Madiun Beroperasi Mulai 1 Februari 2019

SOLOPOS.COM - Bus sekolah gratis dari Pemkot Madiun,Kamis (24/1/2019), diuji coba sebelum beroperasi pada 1 Februari mendatang, (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN -- Dinas Perhubungan Kota Madiun melakukan uji coba terhadap tiga bus sekolah untuk program angkutan sekolah gratis (ASG), Kamis (24/1/2019). Uji coba untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi saat bus sekolah tersebut beroperasi.

Pemkot Madiun telah menyediakan tiga bus untuk program ASG ini. Dalam uji coba tersebut, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk setiap bus menyusuri jalur trayek yang telah ditentukan.

Semisal untuk bus ASG nomor 3, dalam uji coba itu mulai menjemput pelajar dari SMPN 1 Kota Madiun di Jl. Kartini kemudian melewati Jl. Pahlawan, bus akan melewati alun-alun dan menuju ke Jl. HOS Cokroaminoto sampai ke perempatan Tek'an, kemudian bus akan menuju pemberhentian akhir di Terminal Kota Madiun. Setiap anak akan diantar sesuai jalur trayek tersebut.

"Untuk jadwalnya, untuk pemberangkatan sekolah. Bus mulai keluar dari kantor Dishub Kota Madiun pukul 05.30 WIB kemudian keliling sesuai jalur trayek sampai sekolah terkahir pukul 06.45 WIB," kata Kepala Dishub Kota Madiun, Ansar Rasidi, kepada wartawan seusai melakukan uji coba bus ASG, Kamis.

Dia menuturkan sebelum program ASG ini diluncurkan pada tanggal 1 Februari 2019 mendatang, terlebih dahulu pengoperasian bus dilakukan uji coba hingga tanggal 31 Januari mendatang.

Uji coba ini untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dalam pengoperasian bus sekolah tersebut. Selain itu juga untuk memastikan sopir berhenti di titik-titik pemberhentian yang telah ditentukan.

Dia menjelaskan ada beberapa pohon yang rantingnya terlalu menjorok ke jalan dan menghalangi bus saat akan berhenti. Nantinya ranting pohon itu dirapikan. "Untuk armada busnya sudah siap semua. Paling ini akan dikasih tempat sampah sama stiker angka bus," ujar dia.

Ansar menyampaikan program bus ini gratis dan diperuntukkan bagi pelajar baik SD, SMP, maupun SMA.

Program ASG bertujuan supaya para pelajar tidak perlu membawa kendaraan bermotor sendiri ke sekolah. Sehingga ini bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar.

Selain itu, pelajar saat berangkat ke sekolah juga bisa tepat waktu. Dia memastikan jam jemput bus sekolah ini akan tepat waktu dan sesuai jadwal.

Bus sekolah ini juga tidak menoleransi pelajar yang telat di lokasi tunggu bus. Saat tidak ada pelajar yang menunggu, bus akan langsung berangkat.

"Tidak ada menunggu. Kalau tidak tepat ya langsung kami tinggal. Prinsipnya, kami tidak akan berangkat lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan," kata Ansar.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belasĀ  bulan lunar penanggalan Jawa.

Tertular Cacar Langka dari Kucing, Wanita Ini Terancam Buta

Kasus cacar sapi pada manusia meskipun langka namun berpotensi ada kasus serupa di masa depan.

De Bruyne Jadi Pembeda Belgia

Dengan kemenangan ini, Belgia pun menjadi tim kedua setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Pentingnya Membangun Impresi yang Baik Untuk Meraih Sukses

Cara membangun impresi yang baik dipaparkan dalam webinar bertajuk Making a Good Impression to be Impactful in New Normal Era.

Cetak Dua Gol, Denzel Dumfries Aktor Krusial di Balik Kemenangan Belanda

Bek kanan Belanda Denzel Dumfries mengguncang Euro 2020 dengan mencetak dua gol. Si "man-of-the-match" ini juga merancang dua gol lain lewat assist-nya.

Belanda 2-0 Austria: Makin Mantap, De Oranje ke 16 Besar Euro 2020

Untuk kali pertama dalam 13 tahun terakhir Belanda lolos ke-16 besar Euro setelah tersingkir pada fase grup Euro 2012 dan tidak lolos ke putaran final dalam edisi 2016 turnamen ini.

Jepang Segera Luncurkan Paspor Vaksin, Apa Itu?

Jepang segera meluncurkan paspor vaksin yang diperuntukkan pelancong Jepang dan akan diluncurkan mulai bulan depan.

Wali Kota Covid-19, 50 ASN Salatiga Swab Test

Sebanyak 50 aparatur sipil negara atau ASN di Kota Salatiga wajib menjalani pemeriksaan atau tes usap atau swab.