SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA-Pembagian rekening tabungan honor Dana Keistimewaan juga berlaku bagi abdi dalem Pura Pakualaman pada hari ini, Selasa (13/5/2014).

Putra Mahkota Pakualam Kanjeng Bendara Pangeran Haryo Prabu Suryodilogo mengatakan setidaknya jumlah abdi dalem di kadipaten terdapat 500 orang.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

“Namun hanya setengahnya yang mendapatkan rekening,” ujar dia kepada wartawan di Kompleks Perkantoran Pemda DIY, Kepatihan, Senin (12/5/2014).

Sama dengan abdi dalem Kraton, mereka yang mendapatkan rekening adalah dengan kriteria honor di atas Rp300.000.

Menurut Kepala Biro Administrasi dan Kesra DIY itu, pembagian honor dengan rekening di Bank Pembangunan Daerah DIY lebih memudahkan sistem administrasi di kadipaten yang saat ini masih serba manual. Di sisi lain, juga memberikan keamanan pada para abdi dalem karena tidak membawa uang kontan di jalan.  “Tapi, saya harap para abdi dalem tetap sowan ke kadipaten,” ujarnya.

Adapun yang terdata di Parentah Hageng Kraton, mereka yang mendapatkan rekening tabungan sekitar 1.200 abdi dari total 2.000 abdi dalem, yang dibagikan pada pukul 09.00 WIB pada tiga sampai empat hari berturut- turut. Sementara sisanya diberikan secara tunai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya