SOLOPOS.COM - Kraton Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Raja Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan wayah dalem (cucu Hamengku Buwono) yang berhak mendapatkan honor dana keistimewaan adalah cucu yang tercatat sebagai abdi dalem.

Karenanya, dia membantah jika semua cucu menerimanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Endak semua. Hanya yang jadi abdi dalem,” ujar Sultan sebelum mengikuti rapat paripurna di DPRD DIY, Selasa (7/1/2014).

Adapun sesuai tradisi Kraton, menurut dia, cucu yang harus masuk ke Kraton menjadi abdi dalem adalah cucu barep (pertama). “Yang lain belum tentu,” jelas Sultan.

Sebelumnya, Penghageng Tepas Danarto Poera Kraton, GBPH Cakraningrat menyebutkan, wayah dalem yang tercatat menerima danais kurang dari 100 orang.

Sesuai tradisi Kraton pula, kata dia, semua putra dan wayah dalem memperoleh previlege untuk menerima honor tersebut. Menurut Cakraningrat, honor itu diberikan sebagai tanda bahwa yang bersangkutan adalah wayah dalem.

“Dulu memang putra pertama [cucu barep] harus masuk Kraton, tapi sekarang enggak begitu lagi,” terangnya.

Sultan mengaku, akan mengevaluasi penyaluran honor itu ke Kraton. Terkait adanya kritik dari Forum Masyarakat Sipil untuk Keistimewaan DIY (Formais) agar honor itu diberikan tepat sasaran, Sultan melempar ke Pusat.

“Protes ke Pemerintah Pusat jangan saya,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Sultan menandatangani Surat Keputusan (SK) terkait honor itu adalah angka yang disetujui Kementerian Keuangan. “Ya nanti saya evaluasi. Kraton juga bisa bayar sendiri kok.”

Satu hal yang menjadi catatannya adalah modernisasi penyaluran honor tersebut. Serta, pemberian pelatihan pada bagian kas Kraton untuk membuat laporan.

“Karena selama ini Kraton dan Pakualaman tidak punya pengalaman seperti proyek-proyek pemerintah,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya