Honda Gelar Kontes Kreativitas Guru SMK dalam Pembelajaran Daring
Ilustrasi pelatihan guru SMK yang dilakukan AHM. (Semarangpos.com-Marcomm AHM)

Solopos.com, SEMARANG -- Produsen sepeda motor Honda di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM), menggelar kontes kreativitas bagi guru dalam melakukan pembelajaran secara daring.

Kompetisi bertajuk Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 ini bertujuan memacu semangat para guru dalam memberikan pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring saat ini menjadi tantangan bagi guru dan siswa. Terlebih, pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Para guru ditantang menyajikan materi yang menarik dan ringkas. Namun materi harus mudah dipahami siswa tanpa bertatap muka secara langsung.

Awas! Karanganyar Razia Masker Tiga Kali Sepekan

Meski demikian, kontes ini hanya bisa diikuti guru yang mengajar di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang telah menjadi binaan AHM. Peserta juga harus mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Selain itu, peserta juga pernah mengikuti Pelatihan Guru Modul Dasar.

GM Corporat Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan berbagai inovasi harus terus digulirkan untuk tetap menjaga kualitas guru. Salah satu inovasi itu adalah memacu kreativitas guru melalui kontes.

”Meskipun saat ini pembelajaran jarak jauh sudah dilakukan di beberapa daerah, kami ingin tetap berupaya menjaga kompetensi guru dan siswa di dunia vokasi. Kami berharap pelatihan dan kontes secara daring bagi guru di SMK binaan ini dapat mendukung terciptanya pendidikan vokasi yang lebih adaptif,” ujar Muhibbudin dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Kamis (27/8/2020).

Oro-Oro Kesongo Blora Semburkan Lumpur & Gas, 19 Ekor Kerbau Hilang

 

682 SMK Binaan

Para guru peserta kontes wajib membuat sendiri bahan ajar dan membawakan dua materi ajar dengan waktu 2 x 30 menit. Guru peserta akan dinilai dari materi ajar yang dibuat, cara membawakannya, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum TBSM Astra Honda.

Para guru peserta akan diseleksi secara bertahap dari tingkat sekolah, regional, hingga nasional, mulai Agustus-Oktober.  Nantinya akan dipilih 27 guru yang mewakili 27 main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Saat ini, AHM memiliki 682 SMK binaan yang tersebar di 34 provinsi. Total guru dari ratusan SMK itu mencapai 3.462 orang.

Jateng Belum Izinkan Kolam Renang Dibuka



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom