SOLOPOS.COM - Honda Civic Type R 2023. (carexpert)

Solopos.com, SOLO-Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda resmi meluncurkan Civic Type R dengan spesifikasi terbaru untuk tahun 2023. Mobil sedan sport tersebut diklaim menjadi Civic terbuas dan terganas yang pernah dibuat oleh Honda. Simak ulasannya di info otomotif kali ini ini.

Ada dua alasan Honda merilis Civic Type R 2023 yaitu ingin memberikan sensasi kesenangan berkendara mobil sport yang saat ini sudah jarang didapatkan.Sementara alasan kedua adalah Honda ingin membuktikan bahwa mobil sport juga bisa memiliki kenyamanan mumpuni ketika digunakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kedua poin inilah yang menjadi fokus Honda dalam menciptakan Civic Type R generasi terbaru untuk tahuun 2023. Walaupun sudah diluncurkan, sayangnya

Honda masih menutup informasi mengenai spesifikasi mesin Civic Type R terbaru ini. Namun informasi lengkapnya sudah dibeberkan secara detail pada laman resmi Honda Jepang.  Secara tampilan harus diakui jika mobil berperforma tinggi ini punya desain yang sporty dan juga elegan. Jika dilihat sekilas, tampilannya seperti gabungan antara Honda Civic dan Accord generasi terbaru.

Dikutip dari carmudi.com pada Senin (20/3/2023), di bagian gril depan terdapat logo H berukuran besar dengan warna merah. Sementara jika dilihat dari arah depan, sisi kiri gril tersebut juga terdapat emblem Type R yang dipasang dekat lampu.

Pada bagian bawah gril, terdapat lubang ventilasi dengan desain honeycomb yang menutupi intercooler turbo. Lampu depannya juga sudah mengadopsi LED yang digabungkan dengan projector dengan pendaran sinar berwarna putih.

Bagian kap mesin juga terdapat lubang agar angin bisa memberikan suplai pendinginan maksimal untuk mesin. Adanya aksen lubang ini juga membuat mobil terlihat sporty dan gahar secara tampilan.

Beralih ke sisi samping, Honda Civic Type R 2023 dibekali dengan pelek racing dengan warna hitam. Bagian palang pada pelek didesain punya ukuran besar, sehingga kaliper rem berukuran besar berwarna merah menjadi sangat terlihat.  Cover spion juga dibuat warna hitam untuk memberi kesan gahar. Lekuk bodi di sisi samping yang menjulur ke belakang juga menegaskan kesan sporty dari mobil ini.

Sementara di bagian buritan, desainnya mirip dengan Honda Civic hatchback. Adanya knalpot yang dipadukan dengan diffuser pada bumper belakang juga sukses memberikan kesan gahar.  Di bumper belakang terdapat knalpot yang dibuat dengan 3 lubang, 1 ukuran di tengah dibuat besar dan dua sisanya berukuran kecil yang diposisikan mengapit.

Lampu belakang juga sudah dibekali dengan LED model garis. Ada juga emblem Type R di sisi kanan, dan Civic di sisi kiri.  Sementara di bagian atas bagasi terdapat rear spoiler berukuran besar yang berfungsi menambah aerodinamis. Naik ke atas sedikit, ada juga antena sirip hiu berwarna hitam yang menambah estetika

Sekadar informasi, Honda Civic Type R 2023 mengambil basis dari Civic Hatchback generasi terbaru. Hanya saja ada beberapa ubahan yang membedakan agar Type R memiliki pengendalian mumpuni.

Dibalik kap mesin tertanam mesin berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder, VTEC, turbo yang bisa menghasilkan tenaga 326 hp dengan torsi maksimum 420 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi manual 6 percepatan.  Salah satu pembaruan pada mesin yakni di bagian turbo. Bilah yang ada di dalam turbo kini didesain agar bisa menghasilkan aliran udara yang jauh lebih baik.

Hal inilah yang membuat tenaganya terdongkrak menjadi lebih besar.  Dalam laman resmi Honda Jepang, Civic Type R 2023 dibekali dengan fitur berlimpah. Sejumlah fitur itu antara lain Honda Connect display, AC dual zone, 3 mode berkendara (individual, sport, dan comfort), +R switch, rev match system, Type R data logger, kaliper rem Brembo berukuran 350 mm, helical limited slip differential (LSD), navigasi, dan aplikasi Honda LogR.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya