SOLOPOS.COM - (ridertua.wordpress.com)

(ridertua.wordpress.com)

JAKARTA-Pabrikan asal Jepang, Honda melalui PT Honda Prospect Motor berencana membangun pabrik mobil baru di Indonesia dengan nilai investasi mencapai Rp3,1 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pabrik mobil itu akan meningkatkan kapasitas produksi mobil Honda tiga kali lipat dari posisi sekarang 60.000 unit menjadi 180.000 unit per tahun atau bertambah 120.000 unit.

“Honda akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pabrik utama di samping Thailand dan India,” jelas Hiroshi Kobayashi, Managing Officer Honda Motor Co Ltd, Kamis (15/3/2012).

Nantinya produk dari pabrik di Indonesia menurut Kobayashi, selain untuk pasar domestik, produk mobil  akan diekspor ke berbagai negara di kawasan Asia Oceania.

Honda juga akan memperkenalkan berbagai model yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Rencana ini akan dimulai dari perakitan Honda Brio dan pengembangan jaringan diler Honda yang menjangkau seluruh Indonesia. Honda Brio diharapkan dapat menyerap kandungan lokal hingga di atas 80%.

Penjualan Honda tahun ini ditargetkan baik 54,13% dari realisasi tahun lalu 45.416 unit menjadi 70.000 unit.

Pabrik baru yang akan menyerap 2.000–5.000 tenaga kerja itu akan dibangun tahun ini. Pabrik seluas 95.000 m2 itu berada tepat di belakang pabrik yang sudah ada.

Saat ini, HPM memiliki pabrik yang terletak di Kawasan Industri Mitrakarawang, Jawa Barat. Luas pabrik mencapai 512.500 m2,dengan luas bangunan 97.576 m2, sedangkan kapasitas produksinya sebanyak 60.000 unit per tahun.

Pabrik itu dilengkapi fasilitas produksi seperti stamping, press, welding, painting, assembling, road test, vehicle quality, car pool hingga engine plant. Dari pabrik itu telah diproduksi model Jazz, CR-V dan Freed.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya