SOLOPOS.COM - Honda All New Accord 2008

Honda All New Accord 2008. HondaAll New Accord 2008 yang menjadi jawara
dalam ajang modifikasi audio di Jogja, 12-13 Mei lalu (Foto: A Mufid A/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Ingin memberikan kesan nyaman saat berkendara dengan mendengarkan musik. Itulah yang dilakukan pemilik mobil Honda All New Accord 2008, Tung Sen saat mendandani mobil kesayangannya tersebut. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya sejumlah aksesoris audio ditempatkan di sejumlah titik untuk memberikan kesan nyaman tanpa menghilangkan orisinalitas mobil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Butuh waktu sekitar dua pekan untuk menyelesaikan keinginan pengusaha tersebut. Indra dari Indra Audio Mojosongo, Jebres Solo yang melakukan modifikasi harus bereksperimen dalam menghasilkan suara yang diinginkan. Kerja keras itu pun membuahkan hasil, setelah karyanya tersebut meraih juara I Experience Rp36 juta dalam ajang modifikasi audio Emma Hot Import Nights (HIN) di Yogyakarta, 12-13 Mei lalu.

Saat ditemui Solopos.com di bengkelnya, Indra mengatakan dalam mengubah tampilan audio mobil itu pihaknya tidak mengubah secara ekstrem untuk penempatan perangkat audio. “Mobil itu masuk dalam kategori sedan premium, hanya perlu penyesuaian dalam penempatan perangkatnya,” ujar Indra, Mei lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Indra, power audio ia tempelkan di bagian bagasi tanpa mengurangi luasan bagasi mobil. Pun demikian untuk pemasangan speaker. Indra mengatakan untuk subwoofer, penempatannya dilakukan di jok penumpang belakang yang masih terdapat ruang antara kabin dan bagasi.

“Untuk mendengarkan suara bas, penumpang harus membuka arm rest untuk menghasilkan suara maksimal,” tambah dia.

Menurut Indra, pihaknya juga menerapkan 3 ways audio, yakni pemasangan middle bas, middle tweeter dan middle range dalam satu garis, yakni di sisi kanan pengemudi dan di bawah dasbor.

“Pemasangan middle tweeter dan range mengikuti lekukan kaca. Berbeda dengan pemasangan pada umumnya yang banyak direbahkan di dasbor,” tambah dia.

Kenyamanan ini terasa saat Espos berkesempatan menikmati audio mobil tersebut. Dentuman musik yang dihasilkan dari speaker yang ada membuat kesan nyaman saat berkendara. Bahkan, tayangan video di head unit juga memberikan kenyamanan bagi penumpang di dalamnya.

 

Penambahan Head Unit

Selain speaker, perubahan mencolok pada pemasangan head unit. Indra mengaku dalam pemasangannya pihaknya terpaksa menambah dudukan untuk pemasangan head unit. Hal itu dikarenakan, audio set bawaan dari pabrikan Honda tidak bisa dilepas.

“Ini terkait security mobil itu sendiri dan sitem komputerisasi mobil. Sehingga, pemasangannya ditambahkan di bawah audio set mobil dekat tuas persneling,” tambah dia.

Meski ada penambahan, hal itu tidak mengganggu dalam kendara. Justru, tambah Indra, penambahan head unit itu mampu mempermudah dalam mengatur mode saat berkendara.

Dala merombak audio itu, Indra menjelaskan menghabiskan sekitar Rp21 juta. Selain itu, raihan prestasi itu merupakan kali pertama dalam ajang tahunan yang digelar di sejumlah kota besar di Indonesia tersebut.

 

Spesifikasi audio:

 

Jenis           Harga

Head Unit Alpine W-502     Rp10.000.000

Processor Alpine PXA 701  Rp3.360.000

Power ALTiTUDE  AL.480.C       Rp1.750.000

Power ALTiTUDE  AL.480.C       Rp1.750.000

Tweeter ALTiTUDE (V3 Titanium)       Rp1.500.000



Mid range VOX (FR3P)       Rp1.500.000

Mid bass ALTiTUDE  (V3) Rp1.500.000

Subwoofer VOX (VS10.1P)          Rp1.300.000

Sumber: wawancara, diolah. fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya