SOLOPOS.COM - Garasi mobil antik Hawke Setjodiningrat. (Metrotvnews.com)

Hobi miliarder Indonesia beberapa di antaranya adalah mengoleksi mobil antik dan supercar.

Solopos.com, SOLO – Mengoleksi mobil mewah menjadi salah satu hobi miliarder Indonesia. Meski terbilang mahal, kecintaan dan obsesi pada mobil itu mengalahkan besaran uang yang harus dikeluarkan.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Seperti ditayangkan 360 Metro TV, Sabtu (9/5/2015), beberapa hobi miliarder Indonesia adalah mengoleksi mobil. Bukan hanya mobil modern nan canggih, mobil klasik juga tak luput dari buruan para miliarder.

Miliarder asal Jakarta, Setjodiningrat memiliki hobi mahal mengoleksi mobil antik. Menurutnya mengoleksi dan mengendarai mobil antik memiliki nilai kepuasan tersendiri.

“Kepuasannya beda, kesannya lucu. Saat ada orang tua kakek nenek lihat saya naik mobil klasik, mereka langsung ingat masa muda mereka terus ketawa, kan lucu,” ungkap pria yang akrab disapa Hawke itu.

Hawke mulai mengoleksi mobil antik sejak 1979. Pria yang pernah bekerja di pabrik Nissan Australia itu mengaku awalnya hanya iseng membeli mobil-mobil lansiran lawas yang kondisinya sudah bobrok.

“Mulai 1979 saya lihat mobil-mobil kayak oplet harganya masih Rp50.000 Rp70.000 yang jelek-jelek, terus saya jadikan seperti baru. Makanya saya lebih suka disebut restorer daripada kolektor mobil antik,” sambung Hawke.

Dalam garasinya yang didesain unik khas kafe 1950-an, Hawke memiliki setidaknya 200 unit mobil klasik dari berbagai pabrikan. 120 unit di antaranya sudah di-restore dan dipajang. Sedangkan yang dapat berfungsi sempurna baru sekitar 50 unit.

Menurutnya, me-restore mobil sama seperti membesarkan anak. Sehingga ia tidak pernah berniat menjual mobil antik koleksinya. “Saya tidak mungkin menjual mobil-mobil ini. Kalau mau diadopsi bisa, tapi saya harus bisa lihat kalau kangen,” ujar pria yang juga mengoleksi mobil milik Presiden Sukarno dan Jenderal Sudirman itu.

Lain Hawke, lain pula Ferdi, pemilik diler mobil mewah dan supercar di Jakarta. Ia mengaku dilernya kerap menjadi langganan para miliarder Tanah Air mencari buruannya.

“Mobil yang kerap dibeli miliarder Indonesia itu rata-rata berkisar Rp9 miliar sampai Rp13 miliar ada Ferarri, Porsche, Mini. Tapi yang lebih dari itu juga ada, saya jual mobilnya,” ujar Ferdi.

Namun bagi miliarder yang tak mau repot merawat mobil, mereka dapat bergabung di komunitas yang didirikan Ferdi. “Dengan membayar Rp199 juta, mereka bisa pinjam lima mobil mewah dan supercar apa saja untuk 50 hari dalam setahun,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya