SOLOPOS.COM - Perbedaan pada Nissan 370Z versi Tomica (kiri) dan Hot Wheels (kanan) (Youtube)

Hobi diecast kerap dibingungkan dengan banyaknya pilihan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing produk diecast.

Solopos.com, SOLO – Dunia mobil replika berbahan metal (diecast) di Indonesia dirajai oleh dua merek besar, yakni Hot Wheels dan Tomica. Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan, tak heran banyak penghobi diescast kebingungan saat memilih koleksinya untuk pertama kali.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dua merek diecast, Hot Wheels dan Tomica merupakan nama populer yang sering membuat para diecaster–sebutan bagi penghobi diecast– merasa kebingungan untuk menentukan pilihan. Untuk satu seri mobil yang sama, terkadang Hot Wheels memiliki desain bodi yang pas-pasan namun dengan roda yang cukup bagus.

Sebaliknya, Tomica memiliki desain bodi yang memuaskan namun dengan desain roda yang biasa saja. Hal mendasar seperti itulah yang hingga saat ini masih menjadi perdebatan oleh para penggemar masing-masing merek.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Sabtu (14/2/2015), berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan  pada diecast Hot Wheels dan Tomica dari beberapa aspek.

Kelebihan pertama adalah baik Tomica maupun Hot Wheels sama-sama memiliki bodi metal yang solid. Fungsi dari bodi metal itu selain untuk menyerupai mobil aslinya, juga supaya diecast tak mudah rusak seperti mobil-mobilan plastik.

Secara mendasar, sebagian besar diecast Tomica merupakan produk yang dibuat berdasarkan desain original sebuah mobil. Namun untuk beberapa versi, terutama untuk segmen anak-anak, Tomica juga menyediakan diecast Tomica Dream yang biasanya berisi mobil karakter Hello Kitty, Pokemon dan Rilakuma.

Tak jauh berbeda, Hot Wheels juga melakukan hal serupa dalam hal desain. Hanya saja, diecast Amerika itu kerap diberi sentuhan monster car dengan merubah beberapa bagian dari desain aslinya sehingga tampak lebih tangguh.

Stok Produk

Dalam iklannya di televisi, Hot Wheels juga selalu menunjukkan bahwa diecast buatannya mampu diadu secara ekstrem dengan cara saling ditabrakkan. Hal itu berbeda dengan Tomica, meski dibuat dengan bahan yang hampir sama, Tomica lebih bertujuan untuk sekadar dipajang atau dimainkan secara wajar supaya artikulasi pada pintu mobil dan kap mesin tak mudah rusak.

Dari aspek ketersediaan produk, situs resmi Tomica menyebutkan mereka selalu meyediakan 140 model mobil dengan jumlah yang sama setiap bulan. Sedangkan model baru selalu dirilis hari sabtu pekan ketiga setiap bulan.

Berbeda, meski Hot Wheels selalu menyediakan 250 model mobil setiap bulannya, setiap model tidak diproduksi dalam jumlah yang sama. Untuk memproduksi diecast, Hot Wheels selalu melihat tingkat kepopuleran dan jumlah permintaan di pasar diecast.

Jika dilihat dari bobot, diecast Hot Wheels terasa lebih ringah dibandingkan milik Tomica. Pasalnya, material metal hanya digunakan Hot Wheels  pada sektor bodi, sedangkan sasis menggunakan plastik keras. Pada Tomica, baik bodi dan sasis menggunakan material metal sehingga tak heran jika memiliki bobot lebih berat. Selain itu, fungsi bobot berlebih pada Tomica bertujuan untuk mengoptimalkan fitur suspensi yang terdapat pada roda. Fitur tersebut tak dijumpai pada diecast besutan Hot Wheels.

Perbedaan terbesar terletak pada aspek pewarnaan. Tak seperti Hot Wheels yang meggunakan cat metalik untuk seluruh diecast buatannya, Tomica hanya menyematkan warna metalik pada seri tertentu. Sedangkan untuk produk reguler, mereka memberikan cat berwarna solid.

Dari segi keakuratan warna, beberapa forum termasuk forum Hot Wheels menyebutkan warna yang dimiliki Tomica lebih akurat seperti pada mobil aslinya dibandingkan dengan warna yang dimiliki Hot Wheels. Pada Tomica, seluruh bagian diberi warna sesuai kondisi asli mobil. Hal itu juga berbeda dengan Hot Wheels yang kerap tak mewarnai beberapa bagian agar tampak lebih maskulin dan tangguh.

Sedangkan dari segi harga, baik di Indonesia, Jepang, maupun Amerika Serikat, banderol Tomica relatif lebih tinggi dibandingkan banderol Hot Wheels. Namun untuk varian edisi Treasure Hunt, biasanya diecast Hot Wheels juga dibanderol dengan harga yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya