Hoaks prediksi kekeringan Indonesia. (Twitter/@InfoHumasBMKG)

Solopos.com, SOLO – BMKG menegaskan informasi viral soal prediksi pemanasan global 2019-2020 yang dikaitkan dengan kekeringan panjang hoaks. Konten video viral di Youtube yang menyebut Indonesia bakal dilanda kekeringan selama bertahun-tahun di Indonesia dipastikan tidak benar.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat tetap tenang dan tidak termakan hoaks tersebut. BMKG sadar betul informasi soal prediksi globar warming 2019-2020 yang dikaitkan dengan kekeringan panjang dan potensi El Nino 2020 dikhawatirkan dapat menimbulkan keresahan dan kepanikan masyarakat.

“BMKG pastikan isu global warming 2019-2020 adalah hoax,” tegas BMKG lewat akun Twitter @InfoHumaBMKG, Selasa (19/11/2019).

Menanggapi hoaks yang terlanjur tersebar itu, BMKG menjelaskan tidak memprediksi kekeringan panjang bertahun-tahun dan pada 2020 dan tidak teridentifikasi akan terjadi El Nino kuat. Lembaga NOAA dan NASA (Amerika Serikat) serta JAMSTEC (Jepang) memprediksikan hasil yang serupa.

BMKG juga tidak memprediksi potensi anomali iklim pada 2020, baik di Samudra Pasifik maupun Hindia yang berdampak buruk pada curah hujan di Indonesia. Curah hujan cenderung sama dengan pola iklim normal.

Selanjutnya, El Nino 2019 dinyatakan berakhir pada akhir Juli lalu. Dan kondisi netral saat ini bakal berlanjut hingga akhir 2019. Hal itu menandai tidak adanya potensi anomali iklim normal pada 2020 mendatang.

BMKG menambahkan, pada November 2019 ini sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Musim kemarau selanjutnya diprediksi berlangsung April-Mei hingga Oktober 2019. BMKG bakal terus memantau perkembangan cuaca, iklim, gempa bumi, dan tsunami selama 24 jam.

Segala informasi terkait hal itu bakal disampaikan BMKG ke masyarakat. Semua informasi terkini tentang hal-hal tersebut disampaikan lewat situs resmi BMKG.

Sementara itu, dikabarkan Detik.com, informasi soal kekeringan panjang di Indonesia akibat pemanasan global tersebar lewat video viral unggahan pengelola akun Youtube Ummu Al Fatih. Video tersebut mencatut nama BMKG dalam kontennya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten