Kategori: Nasional

Hoaks Herbal FRY81 Bisa Cegah dan Obati Covid-19, Ini Faktanya


Solopos.com/Cahyadi Kurniawan

Solopos.com, SOLO--Sebuah akun Twitter mengklaim memiliki obat yang bisa mencegah dan mengobati Covid-19. Obat itu diberi nama Herbal FRY81. Akun itu menyebut banyak pasien Covid-19 sembuh seperti sedia kala seusai mengonsumsi obat itu.

Obat itu diperkenalkan oleh Ramayanti Alfian Rusid melalui akun Twitter @ramayanti81. Melalui akun Twitter-nya, Ramayanti berulang kali me-mention Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk menggunakan Herbal FRY81 dalam mengobati Covid-19.

“Saya berani menawarkan terus menerus Herbal FRY81 untuk digunakan sebagai penyembuh covid19, karena saya tau kemampuannya. Sejauh ini 100% yg konsumsi sembuh. Di Wuhan lebih 90% Covid19 diatasi dgn herbal, dan aman sampai sekarang. Ayuklah pak @Jokowi @Kiyai_MarufAmin,” tulis Ramayanti dalam akun Twitter-nya, 28 November 2020.

Baca Juga: Begini Klaten Tanggapi SE Gerakan Jateng di Rumah Saja

Obat berbentuk cair terbungkus kapsul berwarna kuning transparan ini juga ditawarkan ke sejumlah tokoh lainnya seperti Elon Musk, Bill Gates, dan Melinda Gates, dan lainnya. Isi pesannya sama, meminta mereka menggunakan Herbal FRY81 untuk mengobati pasien Covid-19.

“Hi @melindagates apart from relying on modern science, you should also use natural medicines to treat Covid19. FRY81 herbs are proven to be effective in curing infected people. 100% cured. The proof can be seen in my embed tweet. Free for humanity. Please help me pass it on [Hai @melindagates selain mengandalkan ilmu pengetahuan, kamu sebaiknya menggunakan obat-obatan alami untuk mengatasi Covid-19. Herbal FRY81 terbukti efektif menyembuhkan orang-orang yang terinfeksi. 100% sembuh. Buktinya bisa dilihat di embed tweet saya. Gratis untuk kemanusiaan. Tolong bantu saya menyebarkannya],” tulis @ramayanti81, 20 November 2020.

Baca Juga: Ini Kata Epidemiolog, Jateng di Rumah Saja Efektifkah?

Salah satu testimoni yang dimaksud Ramayanti soal khasiat Herbal FRY81 ini diunggah dalam tangkapan ayar percakapan whatsapp dirinya dengan salah satu pengguna obat itu. “Ibu selamat malam, herbalnya manjur lho, keponakan saya yg positif pake ddan satu keluarga yg tinggal bareng dia pas di swab negatif (intinya bisa dibuat pencegahan),” begitu narasi dalam gambar tangkapan layar.

Penelusuran Solopos.com perihal klaim FRY81 jadi bisa menjadi obat Covid-19 belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Hingga kini belum ditemukan obat yang terbukti efektif bisa mengobati Covid-19. Pengobatan yang dilakukan tim medis adalah mengurangi gejala klinis yang dirasakan pasien. Sebagai contoh, pasien demam diberikan obat penurun panas. Pasien yang batuk diberi obat pereda batuk.

Baca Juga: Sempat Bikin Geger Capitol AS, Proud Boys Masuk Daftar Kelompok Teroris Di Kanada

Pengobatan Sesuai Gejala

Dikutip dari alodokter.com, sejumlah pasien Covid-19 juga mendapatkan obat antivirus berupa Favipiravir, Lopinavir-ritonavir, dexamethasone dan heparine. “Sejauh ini, terapi yang disarankan oleh WHO adalah pengobatan sesuai gejala yang timbul dan pengendalian peradangan yang terjadi di dalam tubuh penderita Covid-19. Selain itu, upaya meningkatkan daya tahan tubuh dengan pemberian nutrisi dan dukungan emosional juga penting untuk dilakukan,” tulis redaksi alodokter.com, 26 Mei 2020.

Sedangkan, untuk mencegah tertular Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan protokol kesehatan 3M meliputi memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun. Pemerintah juga mewajibkan warga menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi vitamin dan rutin berolahraga.

Tak hanya itu, Solopos.com juga memeriksa informasi mengenai Herbal FRY81 di situs Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hasilnya, Herbal FRY81 tidak ditemukan baik sebagai merek maupun sebagai nama produk. Artinya, produk Herbal FRY81 bukan merupakan produk obat tradisional yang berada di bawah pengawasan BPOM.

Padahal, dalam Peraturan BPOM Nomor 32 Tahun 2019 tentang Persyaratan Keamanan dan Mutu Obat Tradisional disebut pelaku usaha harus menjamin keamanan dan mutu dan obat tradisional yang dibuat sebelum dan selama beredar di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Perlu Sinergi Lintas Wilayah untuk Redam Pandemi Covid-19

Uji keamanan dan mutu produk itu meliputi organoleptik, kadar air, cemaran mikroba, aflatoksin total, cemaran logam berat, keseragaman bobot, waktu hancur, volume terpindahkan, penentuan kadar alkohol, dan pH.

Selain itu, produk tertentu juga harus memenuhi persyaratan keamanan dan mutu produk secara kualitatif dan kuantitatif. Uji ini meliputi bahan baku obat herbal terstandar, bahan aktif pada bahan baku dan produk jadi fitofarmaka, residu pelarut, dan lainnya.

Sebelumnya, klaim herbal yang bisa mengobati dan mencegah Covid-19 pernah muncul seperti yang disebut oleh Hadi Pranoto. Namun, klaim ini tidak pernah terbukti secara ilmiah dan klinis.

Berdasarkan uraian di atas, klaim Herbal FRY81 bisa mencegah sekaligus mengobati Covid-19 merupakan klaim keliru. Hal ini termasuk hoaks dengan kategori misleading.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati