Kategori: Leisure

Hoaks Belimbing Wuluh Bisa Obati Covid-19, Ini Faktanya


Solopos.com/Cahyadi Kurniawan

Solopos.com, SOLO--Sebuah video beredar di Facebook menyebutkan belimbing wuluh bisa dipakai untuk mencegah sekaligus mengobati Covid-19. Padahal, hingga kini belum ada satupun obat definitif yang terbukti secara klinis mampu mengobatinya penyakit infeksi akibat virus SARS-CoV-2 ini.

Video berdurasi 7 menit 44 detik ini menceritakan pengalaman seorang perempuan berusia 63 tahun menjadi kontak erat pasien Covid-19. Mula-mula ia sempat bertemu dan berkomunikasi dengan jarak dengan seorang rumah tangga temannya. Temannya mengabari asisten rumah tangga itu belakangan terkonfirmasi positif Covid-19.

Perempuan berkaca mata ini melanjutkan ceritanya. Seusai mendapat kabar itu pikirannya langsung panik lantaran ia merasa berusia lanjut yang merupakan kelompok rentan. Namun, ia berusaha hatinya tetap tenang.

Baca Juga: Rudy-Purnomo Purnatugas, PKS Solo Ingatkan 2 Janji Kampanye Yang Belum Tuntas

Saat itulah terbersit untuk mengambil buah belimbing wuluh. Awalnya, ia hendak menggigit saja buah yang lazim dimasak untuk sayur asem itu. Namun, pada saat bersamaan ia seperti mendengar bisikan yang menyuruhnya agar buah direbus saja.

“Saya menyuruh adik saya merebus dibelah dua dan rebus sebanyak-banyaknya. Saya minum hangat-hangat. Disuruhnya memang begitu,” kata perempuan itu dalam video yang diunggah akun Facebook Keyza Fie, 4 Februari 2021.

Cara meminumnya yakni air rebusan belimbing wuluh itu dipakai untuk berkumur selama mungkin selagi masih hangat. Sebab, jika dingin, air itu akan terasa sangat asam. Seusai berkumur, ia menelan semua air rebusan itu.

Baca Juga: Sepekan PPKM Mikro, Rumah Isolasi Terpadu Pasien Covid-19 Sukoharjo Masih Kosong

Belum Ada Bukti Saintifik

Setelah minum air rebusan itu ia mengklaim indra penciumannya kembali. Ia bisa merasakan lagi aneka bau cabai hingga kaus kaki. Bahkan, lidahnya kini bisa lagi merasakan pedas. “Jangan takut saudaraku. Minum belimbing hangat-hangat. Kalau dingin asem banget. Pencegahan ini paling jago. Jangan takut mag,” tutur dia.

Keyza Fie mengunggah video itu dengan narasi berbunyi, “Obat Covid…. Simak.semoga bermanfaat…D ambil dari pengalaman pribadi yg terpapar covid. Masuk akal..karena belimbing wuluh paling tinggi vitamin C ny…”

Penelusuran Solopos.com mengenai klaim tersebut menemukan belum ada bukti saintifik yang mendukung klaim bahwa belimbing wuluh bisa mengobati dan mencegah Covid-19. Meski memiliki rasa asam yang dikaitkan dengan kandungan vitamin C, hal ini tidak serta bisa mengobati Covid-19.

Baca Juga: Aset BRI Tembus Rp1.500 Triliun, Kredit Mikro Tumbuh Dua Digit

Hal ini linier dengan pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan lemon bisa mencegah Covid-19. Meski, secara umum, WHO merekomendasikan mengonsumsi buah dan sayuran yang memadai merupakan bagian dari diet yang sehat.

Asam yang dimiliki belimbing wuluh pun tidak serta membunuh virus corona. WHO dalam situs resminya membantah klaim asam dalam buah seperti mangga bisa membunuh virus corona.

“Faktanya, tidak. Tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan mangga bisa membunuh virus corona baru. Namun, WHO merekomendasikan mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup sebagai bagian dari diet yang sehat,” tulis WHO, dikutip dari laman who.int.

Baca Juga: Thailand Mundur, Peluang Moto GP Indonesia Digeber 2021 Makin Besar

Tidak Bisa Dikonsumsi Semua Orang

Ahli gizi KONI DKI Jakarta, Irtya Qiyamulail, mengatakan belum ada riset yang mendukung makanan tertentu bisa menyembuhkan atau mencegah Covid-19 termasuk air rebusan belimbing wuluh. Meski mengandung vitamin C, cara mengolah belimbing wuluh seperti dalam video itu justru mengurangi kandungannya.

“Jadi klaim bisa mencegah atau mengobat Covid-19 itu tidak benar. Apalagi mengandalkan satu minuman atau makanan tertentu saja. Asam dari belimbing juga tidak bisa dikonsumsi semua orang terutama yang sedang sakit radang usu atau batu ginjal,” kata Irtya, sebagaimana diberitakan Liputan6.com, 4 Februari 2021.

Terkait pencegahan Covid-19, baik WHO maupun Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia merekomendasikan melaksanakan protokol kesehatan. Protokol ini terdiri atas memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun, dan membatasi mobilitas.

Berdasarkan uraian di atas, klaim yang menyebutkan meminum air rebusan belimbing wuluh bisa mencegah sekaligus mengobati Covid-19 merupakan klaim keliru. Hal ini termasuk hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati