SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – HMP Pendidikan Akuntansi-FKIP-UMS akan mengadakan Olimpiade Ekonomi Akuntansi Dan Seminar Nasinal (OEASN), Senin (29/4/2019) pukul 08.00-17.00 WIB di Auditorium Moch. Djazman, kampus 1 UMS.

OEASN merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh HMP Pendidikan Akuntansi-FKIP-UMS. Tahun ini HMP bekerja sama dengan Progdi untuk mensukseskan acara ini dengan mengambil tema ”Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial”

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kegiatan ini dilakukan karena saat ini sudah memasuki revolusi 4.0 di mana teknologi komunikasi dan informasi telah mendorong perubahan pada dunia pendidikan. Revolusi industri 4.0 telah berimbas pada perubahan paradigma dari pengetahuan yang terpusat di sekolah menjadi paradigma pengetahuan yang dapat diperoleh di manapun dan kapan pun.

Pendidik di era generasi milenial dituntut untuk memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap derasnya arus perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui kegiatan ini pula akan menciptakan persaingan kompetisi antar peserta didik SMA dan SMK sederajat dibidang ekonomi, dengan begitu peserta didik akan memperluas ilmu dan pengetahuannya dalam dunia ekonomi akuntansi, sehingga kelak dapat menjadi profesional di bidangnya.

Ada beberapa kegiatan dalam OEASN yakni: olimpiade, seminar nasional dan call for papers.

Olimpiade Ekonomi Akuntansi Dan Seminar Nasinal (OEASN) ini terbuka bagi siswa SMA/SMK/MA sederatat se-Jawa Tengah dan DIY. Syarat pendaftaran adalah sebagai berikut:
1. Siswa SMA dan SMK kelas X atau XI (Tahun ajaran 2018/2019)
2. Masing-masing sekolah mengirim maksimal 5 peserta
3. Biaya pendaftaran: Rp 30.000/peserta
4. Mengisi formulir pendaftaran di google form (https://goo.gl/forms/n9QaSB5ZAUwuKlbq1)
5. Foto 3×4 sebanyak 3 lembar, fotokopi kartu pelajar dan print out formulir pendaftaran

Sistem olimpiade terbagi menjadi 3 babak yakni:

1. Babak penyisihan
a. Semua peserta SMA dan SMK dipisahkan secara profesional
b. Masing-masing peserta SMA dan SMK diberikan soal satu bendel pilihan ganda.

2. Babak semifinal
a. 10 peserta SMA dan SMK dipisahkan
b. Pada babak ini menggunakan sistem essay yaitu 10 peserta diberikan suatu permasalahan Ekonomi Akuntansi untuk dipecahkan melalui jawaban terbaik untuk menjaring 5 peserta terbaik ke babak final

3. Babak final
a. 3 peserta SMA dan SMK dipisah
b. Babak final menggunakan sistem cerdas cermat yaitu 3 peserta diberikan pertanyaan wajib dan rebutan, didalamnya terdapat pertanyaan bahasa inggris.

Materi olimpiade:
SMA: materi kelas X dan XI Ekonomi (kurikulum 2013)
SMK: Akuntansi Perusahaan Jasa dan Akuntansi Perusahaan Dagang.

Hadiah bagi pemenang Juara pertama adalah Piala bergilir Rektor UMS, Piala tetap Rektor UMS, Uang pembinaan Rp1,3juta dan Piagam penghargaan. Juara kedua adalah Piala tetap Rektor UMS, Uang pembinaan Rp1 juta, Piagam penghargaan. Juara ketiga adalah Piala tetap Rektor UMS, Uang pembinaan Rp700.000, dan Piagam penghargaan. Juara Harapan 1 adalah Piala tetap Dekan FKIP UMS, Uang pembinaan Rp300.000, Piagam penghargaan. Juara Harapan 2  adalah Piala tetap Dekan FKIP UMS, Uang pembinaan Rp 300.000, dan Piagam penghargaan.

Keterangan lebih lanjut tentang pendaftaran peserta Olimpiade bisa menghubungi 085800699514 ( Mahmudah ) dan 08562892030 ( Zada )
Instagram: @hmppendidikanakuntansi

Seminar Nasional yang akan diisi oleh beberapa pembicara, yakni:
1. Dr. rer. nat Asep Supriyatna. M.Si (Universitas Pendidikan Indonesia)
2. Drs. Gatot Bambang Hastowo, M.Pd (Kepala Disdikbud Provinsi Jawa Tengah)
3. Dr. Sabar Narimo, M.M.,M.Pd (Dosen Pend. Akuntansi-UMS)
dan juga Call For Papers..

pendaftaran:
-pendaftaran peserta SNP IV 2019, silakan menggunakan tautan di snp.ums.ac.id
-biaya pendaftaran dapat disetorkan ke rekening: BNI 0649649991 an Harsono P.Akt
-CP: 087836972980 (Ibu Dhany)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya