SOLOPOS.COM - Meriahnya kampanye pencegahan HIV/AIDS di Kediri, Minggu (1/2/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rudi Mulya)

HIV/AIDS Jogja Penularan terus dicegah

Harianjogja.com, JOGJA — Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Sleman memiliki cara tersendiri untuk memaknai peringatan Hari HIV/AIDS, Kamis (1/12/2016) ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

PDGI bersama Fakultas Kedokteran Gigi  Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) melakukan pemeriksaan gigi terhadap komunitas waria di Wisma Kebaya,  Jalan Gowongan Lor, Kecamatan Jetis, Jogja.

Ketua PDGI Sleman Ahmad Syaify mengungkapkan, agenda tersebut merupakan kelanjutan rangkaian pemeriksaan terhadap kaum yang rentan terinfeksi HIV/AIDS. Sebelum menyapa para waria, PDGI juga melakukan pemeriksaan serupa pada tahanan kasus narkoba  lembaga pemasyarakatan (Lapas).

“Selain sebagai bentuk peringatan Hari HIV/AIDS se-dunia kami juga ingin mengedukasi kaum yang rentan terhadap penyakit ini. Untuk rangkaian yang kedua ini sebenarnya konsep awalnya hanya untuk kaum waria saja. Tapi ternyata dalam perkembangannuya ada kaum gay juga. Akhirnya kami layani juga,” jelasnya di sela-sela acara berlangsung.

Dalam kesempatan itu para waria diperiksa kondisi rongga mulutmya, yang meliputi kondisi gigi, lidah hingga gusi.
Ahmad menerangkan, gejala HIV/AIDS dapat pula dilihat dari kondisi rongga mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya