Hippermoralitas di Balik Penganiaya Lansia Hingga Meninggal di Jakarta

Munculnya kasus penganiayaan terhadap pria lanjut usia (lansia) di Jakarta hingga meninggal dunia menunjukkan adanya sikap hippermoralitas di kalangan masyarakat.

 Ilustrasi penganiayaan. (dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penganiayaan. (dok)

Solopos.com, JAKARTA — Munculnya kasus penganiayaan terhadap pria lanjut usia (lansia) di Jakarta hingga meninggal dunia menunjukkan adanya sikap hippermoralitas di kalangan masyarakat. Seorang lansia meninggal dunia setelah dikeroyok sejumlah orang yang meneriaki dia maling. Peristiwa itu terjadi di Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (23/1/2022) dini hari.

Sebelumnya, sekelompok orang sempat mengejar dan berteriak maling ke arah mobil Toyota Rush yang dikendarai lansia tersebut. Dalam video yang beredar di media sosial, mobil Toyota Rush berpelat nomor B 1859 SYL yang dikendarai HM dikejar sejumlah warga yang berteriak maling. Warga juga berusaha menggedor pintu mobil itu untuk meminta pengemudi menghentikan laju mobil.

Espos Plus

Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

+ PLUS Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

Tawuran yang terjadi di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY, Jogja, Senin (4/7/2022) hingga berjuluk Gotham City tak lepas dari situasi sosial masyarakat yang multietnis atau heterogen.

Espos Plus Lainnya

+ PLUS Napi Solo Kabur, Beban Rutan dan Lapas Indonesia Over Kapasitas

Narapidana (napi) kasus pencurian di Rutan Solo, Rachmad Fauzi, mencoba kabur dengan memanjat atap masjid pada Senin (4/7/2022) sore, di sisi lain beban rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Indonesia per Januari 2022 sudah melampaui kapasitas.

+ PLUS Pekerja Migran Sirkuler di Sekitar Kita

Mobilitas penduduk mengalami perubahan pesat dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu perubahan yang signifikan adalah kecenderungan mobilitas penduduk tanpa tinggal menetap di daerah tujuan yang dikenal dengan mobilitas sirkuler.

+ PLUS Teknologi Virtual Metaverse Tawarkan Solusi Kerusakan Candi Borobudur

Dalam kurun waktu 20 tahunan, fondasi Candi Borobudur telah ambles sedalam beberapa sentimeter. Teknologi virtual metaverse menawarkan solusi atas ancaman kerusakan candi tertua di dunia itu.

+ PLUS Kondisi Global Ancam Stok Gandum Lokal dan Menakar Peluang Budidaya 

Kondisi global seperti Perang Rusia-Ukraina dan larangan ekspor gandum oleh India telah berdampak pada meningkatnya harga dan pasokan gandum lokal, yang dikhawatirkan berpengaruh pada produksi makanan olahan gandum, lalu bagaimana peluang budidaya di Indonesia?

+ PLUS Ombak Besar Terbelah, Fenomena Rip Current di Pantai Selatan Jawa

Dua wisatawan asal Kecamatan Grogol, Sukoharjo terseret ombak besar yang diduga fenomena rip current di Pantai Drini, Kabupaten Gunungkidul, D.I.Y., Minggu (3/7/2022) petang.

+ PLUS Hikmah Nostalgia Bersama Mahakarya Pembesar Sastra Indonesia

Nostalgia bersama mahakarya pembesar sastra Indonesia mengingatkan bahwa sastra bukan hanya tentang susunan kata dan kalimat berbunga-bunga.

+ PLUS Menilik Fasilitas Mewah Haji Furoda Tanpa Antre Berbiaya Rp300 Juta

Sejumlah fasilitas mewah ditawarkan kepada calon haji furoda tanpa antre dengan biaya mulai Rp225 juta hingga Rp300 juta.

+ PLUS Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

Kelainan genetik yang berujung meninggalnya bayi seusai dilahirkan merupakan salah satu dampak buruk dari hasil hubungan sedarah atau inses.

+ PLUS Mengembalikan Musik Metal ke Jantung Klenengan

Rencana konser grup band rock progresif Dream Theater dan rencana penyelenggaraan lagi Rock in Solo pada 2022 layak disebut ikhtiar mengembalikan musik metal ke jantung klenengan.

+ PLUS Apa Kabar Sumanto Pemakan Mayat dan Kisah Kanibalisme di Indonesia

Pada awal 2000an lalu, Jawa Tengah digegerkan dengan kabar kasus kanibalisme sosok pria bernama Sumanto asal Purbalingga yang menjadi pemakan mayat Nenek Rinah.

+ PLUS Narasi Kontra Polarisasi di Tengah Manuver Politik

Politikus dan cendekiawan berulang kali memperingatkan bahaya polarisasi, terutama yang berbasis keagamaan, terhadap demokrasi Indonesia.

+ PLUS Taman Siswa dan Sisa-Sisa Romantisisme

Tanggal 3 Juli 2022 tepat seabad Perguruan Nasional Taman Siswa berdiri. Pada 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan perguruan nasional tersebut di Kota Jogja. Kini tersisa romantisisme dari idealisme Taman Siswa.

+ PLUS 30 Hari Muhibah Budaya Jalur Rempah Berujung Spirit Majapahit

Nusantara adalah negeri yang diberkahi. Negeri yang dipilih Tuhan sebagai tempat pertama di bumi untuk menumbuhkan rempah.

+ PLUS Teknologi Biogas Untuk Selamatkan Air Terjun Ponogoro dari Kotoran Sapi

Penggunaan teknologi biogas bisa membantu menyelamatkan Objek Wisata Air Terjun Pletuk di Dusun Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, yang sepi pengunjung karena tercemar limbah kotoran sapi.

+ PLUS Praktik Baik SDGs Desa Butuh Inovasi dan Kreativitas

Praktik baik implementasi Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa membutuhkan inisiatif, inovasi, kreativitas, dan kepeloporam dengan model berpikir yang tidak biasa atau out of the box.

+ PLUS Gagal Diraih Solo, Ini Potensi 4 Kota Kreatif Unesco di Indonesia

Kota Solo dua kali gagal meraih predikat The Unesco Creative Cities Network (UCCN) atau Kota Kreatif Unesco. Di Indonesia, terdapat empat kota yang sudah dinobatkan sebagai Kota Kreatif Unesco.

+ PLUS Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

+ PLUS Ruwatan di Gunung Lawu, Pusat Pemujaan Suci Masyarakat Jawa Kuno

Gunung Lawu, sama seperti gunung lainnya di Pulau Jawa dipercaya sebagai pusat kekuatan sakral dan pemujaan yang menghubungkan masyarakat Jawa kuno dengan dewa atau leluhur yang dianggap memiliki kekuatan gaib, sehingga kerap digunakan sebagai lokasi ruwatan.

+ PLUS Jejak Garam Rumahan Paranggupito Wonogiri dan Keunikan Pantainya

Kecamatan Paranggupito menjadi satu-satunya wilayah di Wonogiri, Soloraya, dan Jawa Tengah yang memiliki keunikan pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa, dimana pernah ditemukan jejak pembuatan garam rumahan.

+ PLUS Tak Hanya Madura, Karapan Sapi Pernah Digelar di Solo

Karapan sapi yang merupakan permainan khas masyarakat Madura, Jawa Timur rupanya pernah digelar di sejumlah daerah di Jawa Tengah, salah satunya Solo.