SOLOPOS.COM - LAYANI KEBUTUHAN -- Karyawan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia menyelesaikan perakitan truk di lokasi pabriknya di Purwakarta Jabar, belum lama ini. Hino Motors Ltd mengalokasikan US $ 108 juta dalam dua tahun ke depan untuk meningkatkan kapasitas pabriknya di Indonesia. (JIBI/Bisnis Indonesia/Kelik Taryono)

LAYANI KEBUTUHAN -- Karyawan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia menyelesaikan perakitan truk di lokasi pabriknya di Purwakarta Jabar, belum lama ini. Hino Motors Ltd mengalokasikan US $ 108 juta dalam dua tahun ke depan untuk meningkatkan kapasitas pabriknya di Indonesia. (JIBI/Bisnis Indonesia/Kelik Taryono)

JAKARTA – PT Hino Motors Sales Indonesia, agen tunggal pemegang merek Hino, optimistis dapat menjual truk dan bus Hino sebanyak 17.000 unit pada smester I/2012 mengingat selama periode Januari-April 2012 berhasil menjual 11.717 unit.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Sales and Promotion Director PT Hino Motors Sales Indonesia Santiko Wardoyo mengatakan separoh dari total proyeksi penjualan Hino selama satu tahun ini sebanyak 35.000 unit dapat dicapai karena tingginya permintaan pasar. “Permintaan bus dan truk di dalam negeri cenderung terus meningkat, terutama truk untuk kegiatan pertambangan dan industri, sehingga penjualan kami tumbuh mencapai rata 19% per tahun,” katanya..

Menurutnya, kegiatan pertambangan batu bara di Indonesia sekarang mencapai 350 juta ton per tahun cenderung terus meningkat mencapai sekitar 500 juta ton per tahun sehingga membutuhkan banyak unit truk untuk pengangkutannya. Santiko mengatakan untuk menggarap ceruk pasar kendaraan niaga jenis truk, PT Hino Motors Sales Indonesia mengoptimalkan fungsi diler dan pemasarannya serta percepatan pembangunan pabrik baru di Purwakarta, Jawa Barat.

Dengan dukungan pabrik baru yang dijadwalkan rampung tahun ini PT Hino Motors Sales Indonesia dapat mempertahankan atau melampaui posisinya sekarang yaitu yang kedua setelah Jepang dalam produksi dan pemasaran bus dan truk Hino. “Kami optimitistis dapat mempertahankan atau melampaui posisis itu tetapi dengan tetap fokus pada pemasaran di dalam negeri, karena potensinya yang sangat besar,” ujarnya.

Dia mengatkan pihakhya berusahan meningkatkan penjualan yang telah dicapai pada Januari-April 2012 mencapai 11.717 unit atau sekitar 24% dari total pangsa pasar kendaraan niaga tersebut dalam periode yang sama sebanyak 49.677 unit. Adapun bus dan truk Hino yang terjual pada kwartal I/2012, tambahnya, terdiri dari truk ringan kategori 2 sebanyak 4.404 unit, truk kategori 3 (Ranger dan bus) mencapai 7.273 unit dan kategori 5 (Hino 700) sebanyak 40 unit.

“Di dalam negeri permintaan truk kategori 5 volumenya cukup besar pada kwartal I/2012 mencapai sekitar 320 unit. Untuk itu dengan dukungan prinsipal kami siap menggarap pasar potensial tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Sales Support Department Head PT Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo AY. menjelaskan pengembangan pemasaran bus dan truk Hino didukung dengan 114 unit diler sebagai sales, services dan spare part di berbagai kota di Tanah Air. Jumlah diler yang rencana ditambah menjadi 170 unit pada 2015 itu didukung dengan fasilitas services sebanyak 1.480 unit yang akan ditingkatkan menjadi 2.700 unit dan layanan spare part yang sekarang 1.500 unit akan dikembangkan hingga 1.700 unit.

“Pengembangan jumlah diler kami laksanakan bersama dengan mitra kerja kami di daerah, dengan total investasi disesuaikan dengan besar-kecilnya tanah dan bangunan yang tersedia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya