Tutup Iklan -->
Hindari Virus Corona, Beragam Kegiatan Ini Bisa Bikin Betah di Rumah
Memasak bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu di rumah bersama anak (freepik)

Solopos.com, SOLO– Persebaran virus corona di berbagai penjuru dunia, membuat pemerintah kian sigap turun tangan, salah satunya dengan mengimbau warga untuk mengurangi kegiatan di luar rumah.  Para pekerja dan pegawai juga diminta untuk kerja dari rumah atau work from home. Sedangkan anak-anak tetap belajar meskipun di dalam rumah.

Hal ini membuat warga terpaksa menghabiskan waktu di dalam rumah guna menghindari penularan virus corona di luaran. Mungkin bagi beberapa orang terutama  anak-anak, berdiam diri di dalam rumah merupakan hal yang membosankan.

Setelah menyelesaikan tugas utama seperti kerja atau menyelesaikan tugas sekolah, berikut kegiatan-kegiatan yang mengusir kebosanan seperti dilansir dari berbagai sumber, Senin (23/3/2020).

1. Membersihkan Rumah

Ingat slogan Kebersihan adalah sebagian dari iman? Jika Anda bingung harus melakukan apa di rumah, Anda bisa membersihkan bagian-bagian dalam rumah Anda. Kegiatan ini tentu menimbulkan manfaat positif. Selain membuat rumah menjadi bersih, kebersihan juga setidaknya bisa menangkal kuman-kuman berkembang biak. Bersihkan debu-debu yang biasa menempel pada benda-benda terkecil sekali pun.

2. Memasak

Bagi Anda yang memiliki kegemaran dalam memasak, Anda dapat menyalurkan hobi tersebut saat ada banyak waktu luang di rumah. Bagi yang belum mahir dalam memasak, momen tersebut dapat Anda manfaatkan untuk belajar memasak. Cari resep masakan melalui internet bila Anda tidak mengetahui resepnya. Kegiatan positif ini akan membuat Anda menjadi lupa akan kejenuhan yang melanda.

Belajar Dari 4 Kesalahan Italia Saat Mengatasi Persebaran Corona

3. Mencuci

Anda bisa memanfaatkan waktu luang di rumah untuk mencuci pakaian atau benda-benda lainnya. Dengan adanya kegiatan mencuci, waktu luang Anda menjadi bermanfaat. Selain itu, mencuci menggunakan tenaga tangan tanpa mesin cuci juga bisa membuat Anda menjadi berkeringat dan hasil dari cucian juga lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan mesin cuci.

4. Menonton Film Favorit

Anda bisa mengunduh film favorit Anda di layanan internet dan menyimpannya di laptop atau ponsel tanpa harus keluar untuk menonton bioskop. Dengan menonton film favorit, kejenuhan Anda akan berkurang. Untuk menambah keasyikan menonton film, sediakan camilan sehat sebagai teman nonton.

5. Olahraga

Tak perlu pergi ke tempat gym atau fitnes bila Anda ingin olahraga. Anda bisa melakukan olahraga lain seperti pilates, yoga, senam aerobik, atau sekadar lari di tempat.  Dengan berjalan-jalan di dalam rumah pun sudah termasuk berolahraga. Jika rumah Anda terdapat tangga, Anda bisa naik turun tangga untuk mendapatkan keringat.

6. Bikin Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang memiliki ide kreatif tinggi, waktu luang dapat Anda manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan seperti menyulam, menjahit atau membuat hasil karya dari barang bekas.

Banjir Order, Pengrajin Etanol Bekonang Malah Kewalahan

7. Karaoke dalam rumah

Tak perlu pergi ke tempat karaoke untuk menyalurkan hobi bernyanyi, Anda bisa melakukan karaoke di dalam rumah dengan memanfaatkan media Youtube, untuk menambah keseruan, Anda bisa mengajak beberapa teman untuk bernyanyi bersama.

8. Bermain Musik

Jika Anda bisa bermain musik seperti gitar atau orgen dan memiliki alat musik pribadi di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir rasa jenuh. Anda juga bisa mengcover lagu seperti yang dilakukan oleh banyak orang hingga akhirnya viral di media sosial. Tunjukkan talenta yang Anda miliki dengan memanfaatkan waktu luang secara positif.

9. Bermain dengan hewan peliharaan

Untuk menghilangkan rasa bosan diam di dalam rumah, Anda bisa bermain bersama hewan peliharaan Anda. Selain itu, Anda bisa memandikannya atau membersihkan kandangnya. Menjaga kebersihan hewan bisa mencegah terjadinya penularan virus dari hewan kepada manusia.

10. Membaca

Mungkin membaca adalah hobi Anda yang terlupakan karena saking seringnya Anda ke mal. Nah, saat seperti inilah Anda kembali menekuni hobi Anda membaca novel-novel, buku-buku pengembangan diri, atau e-book yang Anda sukai. Pasti Anda tidak bisa melupakan kebosanan.

11. Menulis

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan yakni menulis. Tulisan yang Anda hasilkan bisa berupa novel atau cerpen. Kegiatan positif yang bermula dari hanya ingin mengusir rasa bosan bisa berubah menjadi pundi-pundi rupiah bila Anda bisa memaksimalkan karya tulisan dengan baik. (Bunga Oktavia)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho