SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebagai upaya menanggulangi banjir dan rob atau limpasan air laut ke daratan yang kerap melanda Pelabuhan Tanjung Emas SEmarang, PT Pelindo III akan meninggikan dermaga hingga satu meter. Hal tersebut mendesak dilakukan karena rob kerap mengenangi daerah tersebut. 

Regional Manager Operasional Dan Komersial Pelindo III Jateng Hardianto menuturkan, proses peninggian dermaga sudah dilakukan. Untuk proses pembangunan dilakukan mulai kawasan Kali Baru Semarang. 

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami sudah mulai melakukan peninggian saat ini baru di kawasan Kali Baru. Nantinya secara bertahap akan merambat ke dermaga agar rob tidak lagi mengenangi pelabuhan,” Hardianto Selasa (18/12/2018). 

Dia memaparkan, nantinya dermaga samudra dan Nusantara akan ditanggul. Untuk saat ini, pihaknya sudah menyiagakan petugas untuk mengangulangi banjir dan rob yang sering terjadi pada musim penghujan. 

“Saat ini memang baru di kawasan Kali Baru barat dan timur untuk peninggian. Nanti secara bertahap dermaga samudera dan nusantara akan ditinggikan sekitar 1 meter,” ujarnya. 

Sementara itu lanjut dia, untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sudah menerapkan sistem pelayanan barang dan penumpang angkutan laut berbasis Boarding Pass.

Hal tersebut, dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan keselamatan, dan keamanan pelayaran juga termasuk peningkatan pelayanan sesuai dengan pelayanan yang telah dilakukan di Bandara.

Hardianto menegaskan, bahwa sterilisasi pelabuhan di Indonesia sudah seharusnya dilakukan. Hal ini, mengingat perlunya peningkatan keamanan untuk kenyamanan para calon penumpang kapal di pelabuhan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya