SOLOPOS.COM - (thinkstock)

Jakarta (Solopos.com)--Melakukan olahraga secara teratur bisa bermanfaat bagi tubuh, tapi kadang waktu yang dimiliki hanya di akhir pekan saja. Meski begitu hindari olahraga berlebihan saat akhir pekan.

Olahraga penting untuk menjaga kesehatan tubuh baik secara fisik maupun mental. Namun banyak orang yang melukai dirinya sendiri dengan melakukan olahraga secara berlebihan hingga melewati batas.

Sebagian besar orang tidak mendapatkan waktu olahraga yang cukup di hari kerja, sehingga ia akan melakukan olahraga sebanyak mungkin di akhir pekan. Padahal kondisi ini bisa membahayakan dan melukai dirinya sendiri.

Ekspedisi Mudik 2024

Kondisi ini sering disebut dengan weekend warrior syndrome, seperti dikutip dari Lifemojo, Sabtu (19/11/2011). Orang yang memaksakan diri olahraga berlebihan bisa memicu cedera seperti shin splints atau menyebabkan stres pada otot. Kondisi ini jelas bukan cara yang tepat untuk berolahraga.

Sedangkan olahraga sedikit yang dilakukan setiap hari bisa lebih menyehatkan dan cenderung kurang mengakibatkan cedera dibanding dengan olahraga berlebihan di akhir pekan.

Sebaiknya kenali kemampuan tubuh, jika mengalami kelelahan parah apalagi disertai juga dengan pusing, nyeri dada, detak jantung yang tidak teratur serta nyeri sendi, sebaiknya hentikan olahraga dan segera istirahat.

Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari cedera dan bisa berolahraga dengan aman yaitu:

1. Selalu melakukan pemanasan dengan beberapa latihan untuk membantu tubuh menyesuaikan diri dengan latihan berikutnya yang intensitasnya lebih meningkat.

2. Membuat program olahraga yang progresif seperti mengetahui kondisi dan tingkat kebugaran tubuh. Secara bertahap tingkatkan intensitas dan durasi sekitar 10-15 persen per minggu dari program latihan yang ada.

3. Hindari olahraga jika tubuh sedang sakit atau merasa tidak enak badan. Jika sudah sembuh maka mulailah secara perlahan-lahan dan bertahap.

4. Tetap menjaga kondisi tubuh terhidrasi dengan baik untuk mencegah kelelahan, usahakan minum sebelum selama dan setelah latihan.

5. Kenakan pakaian yang nyaman dan kain yang menyerap keringat serta longgar, sedang untuk perempuan pilihlah bra yang bisa mendukung payudara dengan baik.

6. Melakukan pendinginan setelah selesai olahraga untuk membantu tubuh kembali ke kondisi normal serta menjaga otot-otot tetap lentur.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya