Hindari Macet di Jurug, Naik KRL Commuterline Palur-Solo hanya 10 Menit

Warga disarankan memanfaatkan layanan Commuterline KRL Solo-Jogja yang sudah beroperasi sampai Stasiun Palur untuk hindari macet di kawasan Jurug akibat penutupan dua jembatan.

 Penumpang turun dari Kereta Rel Listrik (KRL) pada uji coba dari Stasiun Solo Balapan, Solo, saat tiba di Stasiun Palur, Karanganyar, Jumat (24/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Penumpang turun dari Kereta Rel Listrik (KRL) pada uji coba dari Stasiun Solo Balapan, Solo, saat tiba di Stasiun Palur, Karanganyar, Jumat (24/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Salah satu imbauan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo bagi warga untuk menghindari macet di Jembatan Jurug C selama penutupan Jembatan Jurug B dan Jembatan Mojo adalah dengan naik kereta rel listrik atau KRL, Senin (26/9/2022).

Seperti diketahui saat ini, KRL Commuterline Solo-Jogja per 17 Agustus 2022 beroperasi sampai Stasiun Palur. Waktu tempuh KRL ini cukup cepat, lebih cepat dibandingkan menggunakan bus atau mobil di kondisi lalu lintas norma sebelum penutupan Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dari Jogja-Solo-Palur maupun sebaliknya cukup ditempuh dalam waktu 1 jam 20 menit sampai 1 jam 30 menit. Bandingkan dengan bus yang bisa lebih dari dua jam dari Solo ke Jogja, belum lagi jika ditempuh dari Palur.

Sedangkan dari Palur ke Solo atau sebaliknya waktu tempuh KRL Commuterline ini hanya sekitar 10 menit. Jika ditempuh menggunakan bus atau mobil melalui Jembatan Jurug Solo dalam kondisi normal atau tidak macet butuh sekitar 17 menit.

Saat ini, dengan kondisi Jembatan Jurug B yang ditutup dan lalu lintas dialihkan semua ke Jembatan Jurug C, butuh waktu lebih lama. Berdasarkan simulasi yang dilakukan Solopos.com saat awal penutupan Jembatan Jurug B, untuk melintasi Jembatan Jurug C dari ujung ke ujung saja butuh 10 menit.

Baca Juga: Besok Jembatan Mojo dan Jurug B Sama-Sama Ditutup, Dishub Solo: Naik KRL Saja

Dengan kondisi tersebut, wajar jika Dishub Solo menyarankan warga menggunakan KRL untuk menghindari kemacetan selama penutupan Jembatan Jurug yang akan disusul dengan penutupan Jembatan Mojo pada Senin (26/9/2022).

Jadwal KRL Commuterline Palur-Jogja

Berdasarkan penjelasan KAI Commuterline melalui akun Instagram @commuterline, penumpang dari Palur yang akan melakukan perjalanan ke Solo dari Yogyakarta maupun sebaliknya sekaligus menghindari macet di kawasan Jurug dapat melihat jadwal perjalanan di KRL Access.

Jadwal tersebut, pertama dari Stasiun Palur berangkat pukul 06.15 WIB sampai Stasiun Yogyakarta pukul 07.39 WIB (1 jam 24 menit). Kemudian jadwal kedua berangkat pukul 09.30 WIB tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 11.03 WIB (1 jam 33 menit).

Baca Juga: Wis Pasti! Jembatan Mojo Solo Ditutup Mulai Senin 26 September Pukul 10.00 WIB

Ketiga, berangkat di Stasiun Palur pukul 15.25 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 16.45 WIB (1 jam 20 menit). Dari arah sebaliknya, jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja dari Yogyakarta yang sampai Palur, pertama berangkat pukul 08.00 WIB dan tiba di Stasiun Palur 09.30 WIB.

Kedua, berangkat dari Stasiun Yogyakarta pukul 13.20 WIB dan tiba di Stasiun Palur 14.53 WIB. Terakhir, berangkat pukul 18.30 WIB dan tiba di Stasiun Palur pukul 19.52 WIB.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jika Solo Jadi Ibu Kota Provinsi Soloraya, Maka...

      Jika Kota Solo menjadi ibu kota provinsi baru, yaitu Soloraya, sektor perekonomian akan terus bergerak maju yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

      Ini Keunggulan Desa Conto Wonogiri yang Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, meraih predikat desa wisata terbaik di Jateng 2022 kategori Sapta Pesona dan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability atau CHSE.

      Quick Response 110 Polres Sukoharjo Selamatkan Pemuda yang Nyaris Bunuh Diri

      Percobaan bunuh diri seorang pemuda di tempat indekos wilayah Kartasura berhasil digagalkan setelah rekan korban melapor ke call center 110 Polres Sukoharjo.

      Puluhan Penyandang Disabilitas Boyolali Galang Dana untuk Korban Gempa Cianjur

      Puluhan penyandang disabilitas di lereng Gunung Merbabu menggelar doa bersama sekaligus galang dana bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Siap-Siap! Lokananta Solo Segera Bertransformasi Jadi Creative & Commercial Hub

      PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) sebagai anggota Holding Danareksa siap mentransformasikan Lokananta Solo menjadi Creative and Commercial Hub.

      Unik! Pemilihan Ketua RT dan RW di Bareng Klaten Dilakukan secara Online

      Pemilihan ketua RT dan RW di RW 004, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, pada Minggu (27/11/2022) digelar secara online atau memanfaatkan teknologi informasi.

      Film Pendek, Pidato Inggris dan Arab Sumbang Emas Jateng di Pospenas IX Solo

      Tiga cabang perlombaan yakni film pendek, lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Arab menyumbang medali emas bagi kontingen Jateng di Pospenas IX 2022 di Solo, 23-27 November 2022.

      Granat Unwidha-Pengamen di Klaten Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

      Sukarelawan Granat Unwidha Klaten bersama pengamen angklung jalanan Putra Pangestu menggelar aksi penggalangan dana pada Minggu (27/11/2022).

      Pesona Girpasang Klaten, Destinasi Wisata Dataran Tinggi Terbaik Se-Indonesia

      Destinasi wisata Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang meraih Juara I pada kategori dataran tinggi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

      Harga Sembako di Pasar Sukoharjo Naik Jelang Nataru, Telur Paling Tinggi

      Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok atau sembako di pasar tradisional Sukoharjo mulai merangkak naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

      Bantu Korban Gempa Cianjur, Puluhan Seniman Reog Ponorogo Pentas di CFD Solo

      Puluhan seniman Reog Ponorogo mengadakan pementasan dan aksi galang dana di CFD Jl Slamet Riyadi Solo untuk bantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Gelar Pesta Nikah di Pura Mangkunegaran Solo, Kaesang dan Erina Catat Sejarah

      Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan mencatat sejarah sebagai pasangan pertama di luar kerabat keluarga Mangkunegaran yang menggelar pesta nikah di Pura Mangkunegaran Solo.

      Tujuh Sukarelawan Karanganyar Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

      Mereka yang berangkat ke daerah bencana adalah sukarelawan pilihan. Dimana memiliki keahlian dalam penanganan kebencanaan.

      Wah, 10 Kereta Kencana Disiapkan untuk Kirab Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan akan ada kirab 9-10 kereta kencana dari Loji Gandrung menuju lokasi pesta pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Solo.

      Upacara Adang Sego, Simbol Raja Keraton Solo yang Mengayomi Rakyatnya

      Upacara adang sego merupakan tradisi keraton kasunanan yang digelar tiap delapan tahun sekali.

      Bertabur Hadiah, Lapak BKD Boyolali di CFD Diserbu Warga

      Pembukaan lapak pembayaran PBB di CFD Boyolali merupakan salah satu intensifikasi dan menarik perhatian wajib pajak.