SOLOPOS.COM - Penumpang turun dari Kereta Rel Listrik (KRL) pada uji coba dari Stasiun Solo Balapan, Solo, saat tiba di Stasiun Palur, Karanganyar, Jumat (24/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Salah satu imbauan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo bagi warga untuk menghindari macet di Jembatan Jurug C selama penutupan Jembatan Jurug B dan Jembatan Mojo adalah dengan naik kereta rel listrik atau KRL, Senin (26/9/2022).

Seperti diketahui saat ini, KRL Commuterline Solo-Jogja per 17 Agustus 2022 beroperasi sampai Stasiun Palur. Waktu tempuh KRL ini cukup cepat, lebih cepat dibandingkan menggunakan bus atau mobil di kondisi lalu lintas norma sebelum penutupan Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dari Jogja-Solo-Palur maupun sebaliknya cukup ditempuh dalam waktu 1 jam 20 menit sampai 1 jam 30 menit. Bandingkan dengan bus yang bisa lebih dari dua jam dari Solo ke Jogja, belum lagi jika ditempuh dari Palur.

Sedangkan dari Palur ke Solo atau sebaliknya waktu tempuh KRL Commuterline ini hanya sekitar 10 menit. Jika ditempuh menggunakan bus atau mobil melalui Jembatan Jurug Solo dalam kondisi normal atau tidak macet butuh sekitar 17 menit.

Saat ini, dengan kondisi Jembatan Jurug B yang ditutup dan lalu lintas dialihkan semua ke Jembatan Jurug C, butuh waktu lebih lama. Berdasarkan simulasi yang dilakukan Solopos.com saat awal penutupan Jembatan Jurug B, untuk melintasi Jembatan Jurug C dari ujung ke ujung saja butuh 10 menit.

Baca Juga: Besok Jembatan Mojo dan Jurug B Sama-Sama Ditutup, Dishub Solo: Naik KRL Saja

Dengan kondisi tersebut, wajar jika Dishub Solo menyarankan warga menggunakan KRL untuk menghindari kemacetan selama penutupan Jembatan Jurug yang akan disusul dengan penutupan Jembatan Mojo pada Senin (26/9/2022).

Jadwal KRL Commuterline Palur-Jogja

Berdasarkan penjelasan KAI Commuterline melalui akun Instagram @commuterline, penumpang dari Palur yang akan melakukan perjalanan ke Solo dari Yogyakarta maupun sebaliknya sekaligus menghindari macet di kawasan Jurug dapat melihat jadwal perjalanan di KRL Access.

Jadwal tersebut, pertama dari Stasiun Palur berangkat pukul 06.15 WIB sampai Stasiun Yogyakarta pukul 07.39 WIB (1 jam 24 menit). Kemudian jadwal kedua berangkat pukul 09.30 WIB tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 11.03 WIB (1 jam 33 menit).

Baca Juga: Wis Pasti! Jembatan Mojo Solo Ditutup Mulai Senin 26 September Pukul 10.00 WIB

Ketiga, berangkat di Stasiun Palur pukul 15.25 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 16.45 WIB (1 jam 20 menit). Dari arah sebaliknya, jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja dari Yogyakarta yang sampai Palur, pertama berangkat pukul 08.00 WIB dan tiba di Stasiun Palur 09.30 WIB.

Kedua, berangkat dari Stasiun Yogyakarta pukul 13.20 WIB dan tiba di Stasiun Palur 14.53 WIB. Terakhir, berangkat pukul 18.30 WIB dan tiba di Stasiun Palur pukul 19.52 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya