SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Proses penjualan produk asuransi menjadi salah satu kunci mengatasi masalah gagal bayar. Perusahaan asuransi harus menempatkan premi yang diperoleh ke dalam investasi dengan risiko terukur agar tidak timbul potensi gagal bayar.

Direktur Utama PT Asuransi BRI Life, Iwan Pasila, menyebutkan banyaknya contoh kasus gagal bayar di industri asuransi turut menjadi perhatian pemegang saham perseroan. Untuk itu, BRI Life diingatkan agar proses penjualan produk asuransi kepada nasabah dilakukan dengan benar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Langkah tersebut ditujukan agar portofolio bisnis yang dimiliki perseroan berkualitas, yakni dapat memberi manfaat kepada nasabah dan memberikan kontrubusi kepada perusahaan.

“Mulai tahun lalu, kami getol mendorong teman-teman sales punya kompetensi, punya tools yang baik, prosesnya kami benerin. Harapannya dengan ini sudah bener, backoffice kami bisa lebih baik. Kami juga terus dorong supaya klaim layak bayar segera dibayar, jangan tunda terlalu lama,” kata Iwan, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Kinerja Positif pada 2021, Aset Asuransi TUGU Meningkat

Sementara itu, dalam mengelola dana nasabah, perseroan juga harus memastikan penempatan investasi dilakukan sesuai dengan karakteristik kewajiban yang dimiliki perseroan.

Iwan mengatakan dengan klaim nasabah perseroan yang kebanyakan jangka panjang, BRI Life memilih lebih banyak menempatkan investasinya pada instrumen surat utang negara (SUN) dan obligasi korporasi. Saat ini, sekitar 54% dari dana investasi perseroan ditempatkan di SUN dan 22% di obligasi korporasi dengan rating investment grade.

Untuk kewajiban jangka pendek, perseroan mengantisipasinya dengan menempatkan investasinya pada instrumen reksa dana pasar uang dan deposito bank.

“Ini kami lakukan dengan disiplin, monitor secara berkala dengan monitor dari dewan komisaris dan dewan pengawas syariah. Harapannya agar kami bisa kembangkan dana nasabah sesuai janji kami dan bisa bayar tepat waktu,” lanjut Iwan.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Bos BRI Life Beberkan Strategi Hindari Klaim Asuransi Gagal Bayar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya