SOLOPOS.COM - Ilustrasi organ ginjal yang terkena gangguan kesehatan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Beberapa penyakit dipercaya bisa berpengaruh pada kesehatan ginjal, di antaranya adalah Hipertensi dan diabetes.

Dokter spesialis penyakit dalam subspesialis ginjal Hipertensi RS JIH Solo, dr. Aryo Suseno, Sp.PD., K-GH, M. Kes, FINASIM, mengatakan beberapa faktor penyebab penyakit gagal ginjal kronis adalah hipertensi dan diabetes. Untuk itu jika ingin terhindar dari penyakit gagal ginjal kronis, harus terhindar dari dua penyakit tersebut.

“Kebetulan, keduanya kurang lebih memiliki faktor risiko sama, yakni berhubungan dengan pola hidup,” kata dia dalam acara Health Talk yang disiarkan di Youtube RS JIH Solo.

Untuk terhindar dari penyakit hipertensi dan diabetes, disarankan untuk tidak kurang gerak. Setidaknya jalan kaki 10.000 langkah setiap harinya. Tidak ada salahnya berangkat sekolah atau berangkat kerja dengan jalan kaki jika lokasi kerja tidak jauh, untuk memenuhi jumlah langkah tersebut.

Selian itu juga disarankan untuk memperhatikan asupan makan. Diketahui saat ini banyak beredar makanan yang mengandung gula dan garam yang tinggi. Sementara dua kandungan tersebut jika terlalu tinggi, juga dapat memicu munculnya gangguan dalam tubuh, termasuk hipertensi dan diabetes.

Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh juga sangat dianjurkan. Sesibuk apapun bekerja atau beraktivitas, jangan sampai lupa minum. Dia mengatakan untuk berat badan 50 kg, setidaknya butuh 1,5 liter air per hari.

“Untuk mengetahui tubuh kita kekurangan air atau tidak sebenarnya juga bisa dilihat dari air kencingnya. Kalau putih bening, berarti kebutuhan air tercukupi,” kata dia.

Sedangkan untuk jenis minuman yang dikonsumsi setiap harinya, jika ada air putih, maka itu akan lebih disarankan.

Rekomendasi
Berita Lainnya