Tutup Iklan

Hindari Bank Plecit, Ribuan Pedagang di Wonogiri Selamat dari Rentenir

PT BPR BKK Wonogiri menciptakan Kredit Mentari tidak hanya berotientasi pada keuntungan, tetapi guna membantu masyarakat.

 Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri) secara simbolis menyerahkan hadiah
mobil kepada perwakilan penerima di pendapa rumah dinasnya kompleks
Setda, Jumat (15/10/2021). (Solopos.com/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri) secara simbolis menyerahkan hadiah mobil kepada perwakilan penerima di pendapa rumah dinasnya kompleks Setda, Jumat (15/10/2021). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Sebanyak 2.434 pedagang kecil mengakses Kredit Mentari, pinjaman ringan dari PT Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan Wonogiri atau BPR BKK Wonogiri (Perseroda).

Mereka yang mayoritas pedagang di pasar tradisional itu terhindar dari jeratan utang rentenir atau bank plecit. Selain itu mereka bisa mengembangkan usaha setelah memperoleh modal.

Direktur Utama PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda), Sarti, saat ditemui wartawan di Sekretariat Daerah (Setda), Jumat (15/10/2021), mengatakan PT BPR BKK Wonogiri menciptakan Kredit Mentari tidak hanya berotientasi pada keuntungan, tetapi guna membantu masyarakat. Kredit tersebut dibuat pada 2017 untuk mengentaskan warga dari jeratan rentenir sekaligus mencegah warga agar tidak meminjam uang ke rentenir.

Baca Juga: Solar Dibatasi, Antrean Panjang di SPBU di Wonogiri Tak Terelakkan

Pinjaman maksimal Rp2 juta dengan bunga hanya 3 persen/tahun. Syarat sangat mudah, yakni cukup dengan melampirkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Pada masa uji coba, Kredit Mentari yang tersalurkan tercatat Rp282 juta untuk 141 orang. Hingga September 2021 lalu Kredit Mentari yang tersalurkan mencapai Rp4,8 miliar.

Kredit ini diakses sebanyak 2.434 nasabah yang mayoritas pelaku usaha mikro, seperti pedagang oprokan, kuli panggul, juru parkir, dan sebagainya. PT BPR BKK Wonogiri menargetkan dapat menyalurkan Kredit Mentari senilai Rp1 miliar/tahun.

Baca Juga: Terekam Kamera CCTV, 4 Pria Bobol Kotak Infak Masjid di Daleman Klaten

“Meski pinjaman terbilang kecil, tetapi manfaatnya sudah dirasakan masyarakat. Bahkan, ada debitur yang mengakses Kredit Mentari beberapa kali. Banyak yang sebelumnya terjerat utang di rentenir lalu mengakses Kredit Mentari untuk melunasi utang itu. Akhirnya terbebas dari utang rentenir. Kalau mengangsur ke BPR BKK Wonogiri ringan, bunga hanya 3 persen/tahun,” kata Sarti.

 

Angsuran Ringan

Salah satu debitur, Suparmi, pedagang kelapa dan tempe di Pasar Kota Wonogiri, belum lama ini, mengatakan Kredit Mentari sangat membantunya. Dia mengaku sudah empat kali mengakses Kredit Mentari untuk mengembangkan usahanya.

Dia bersyukur ada Kredit Mentari yang mudah diakses orang kecil seperti dirinya. Hanya dengan KTP dan KK dia bisa memperoleh pinjaman Rp2 juta. Mengangsurnya juga ringan. Dia lebih memilih mengakses Kredit Mentari dari pada utang ke rentenir.

Baca Juga: Awas! Ada 11 Lokasi Rawan Lakalantas di Jl. Solo-Jogja Klaten

Informasi yang dihimpun Solopos.com, PT BPR BKK Wonogiri hingga September 2021 lalu membukukan laba senilai Rp8,549 miliar atau terealisasi 113,13 persen dari rencana bulan tersebut. Laba berpotensi tumbuh hingga akhir 2021 nanti.

Dari hasil usaha 2021 ini diproyeksikan dapat memberikan deviden bagi dua pemegang saham, yakni Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri pada 2022 mendatang total senilai Rp4,639 miliar.

Karena meraup laba besar lembaga keuangan tersebut mampu memberi hadiah kepada nasabah senilai ratusan juta rupiah setiap tahun. Pada 2021 ini PT BPR BKK Wonogiri memberi 38 hadiah senilai Rp500 juta berupa satu unit Toyota Avanza, satu unit Daihatsu Gran Max, 12 unit Honda Beat, 12 unit sepeda gunung, dan 12 unit televisi.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.

Ekspedisi Digital Ekonomi 2021, Perjalanan Tim ke Salatiga

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mulai memotret ekspansi layanan digital yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah

BI Solo Dorong Sosialisasi Digitalisasi Harus Jalan Terus

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengapresiasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group.

Kecelakaan di Kebakkramat Karanganyar: Truk Masuk Parit, Mobil Terbalik

Dua buah kendaraan keluar jalur setelah bersenggolan di Jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan PT Manunggal Adipura, Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (14/12/2021).

PPKM Level 3 di Boyolali Jelang Nataru, Tempat Wisata Wajib Taat Prokes

Pemkab Boyolali akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Harga Tanah Gentan Sukoharjo vs Colomadu Karanganyar, Mahalan Mana?

Kira-kira mana yang lebih mahal antara harga tanah di Gentan, Baki, Sukoharjo dengan Colomadu di Karanganyar?

ANBK SD 2021 di Solo Kelar, Begini Evaluasi dari Proktor

Masih adanya 8 SD di Solo yang menumpang pelaksanaan ANBK ke SMP karena keterbatasan prasarana, menjadi perhatian Proktor ANKB SD.

Semua Rumah di Dusun Ginade Wonogiri Hadap ke Selatan, Ini Kata Kades

Ada budaya unik terkait posisi rumah di Dusun Ginadewetan dan Ginadekulon, Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.

Tanah Dikeruk Untuk Proyek Tol, Warga Pedan Klaten Blokir Jalan

Warga Dukuh Blasinan, Desa Kaligawe, Kecamatan Pedan, Klaten, dengan kegiatan pengerukan yang dilakukan tanpa sosialisasi dan memakan sebagian lahan warga.