SOLOPOS.COM - Ilustrasi ikan sebagai bahan makanan. (Flavoreddelights.com)

Himpaudi Madiun sosialisasikan Gemarikan di GOR Stadion Wilis.

Madiunpos.com, MADIUN — Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Madiun, Jawa Timur mengajak anak-anak usia dini di wilayahnya untuk gemar memakan ikan dalam menu makanan keseharian mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Upaya itu diwujudkan dengan melakukan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) secara nasional. Khusus Kota Madiun, sosialisasi Gemarikan dilaksanakan Himpaudi di GOR Stadion Wilis, Minggu (30/8/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

“Tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengajak anak-anak sejak usia dini untuk suka makan ikan,” ujar Ketua Panitia Gemarikan Himpaudi Kota Madiun, Suci Widaryanti, kepada wartawan, Senin (31/8/2015).

Menurut dia, anak-anak Indonesia harus gemar memakan ikan karena ikan sangat penting untuk memenuhi gizi pada tubuh anak. Selain itu, ikan juga merupakan sumber kecerdasan alami bagi anak-anak.

Kegiatan Gemarikan tersebut juga sekaligus menjadi ajang sosialisasi kepada para ibu, untuk memberikan ikan disela menu makanan harian si anak. “Kami juga mengedukasi para orang tua terlebih ibu, untuk memilih ikan sebagai keanegaraman lauk-pauk yang diberikan kepada anak-anak,” imbuhnya.

Suci menambahkan, kegiatan Gemarikan secara nasional merupakan bagian dari upaya menumbuhkan cinta Tanah Air dan suka makan ikan pada anak usia dini. Selain itu kegiatan ini juga mendorong kurikulum pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk terwujudnya kecintaan maritim dan gemar makan ikan.

Di Kota Madiun, kegiatan sosialisasi Gemarikan tersebut diikuti oleh 77 lembaga PAUD yang ada di kota setempat, 360 tenaga Himpaudi, dan 950 anak Paud. Selain makan ikan, anak-anak juga mengikuti tari massal serta lomba menggambar ikan dan objek lainnya yang berhubungan dengan tema Gemarikan.

Dengan kegiatan tersebut, Himpaudi berharap tingkat konsumsi ikan pada anak-anak dan masyarakat umum di Kota Madiun dapat meningkat. Sesuai data, tingkat konsumsi ikan di Kota Madiun tergolong rendah, yaitu 13 kg/orang/tahun, jauh di bawah tingkat konsumsi ikan nasional 26 kg/orang/tahun.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya