HIMFEST UNS, Kepedulian Mahasiswa Terhadap Ketahanan Pangan
Carity Concert HIMFEST 2020 yang digelar HIMAGHITA UNS

Solopos.com, SOLO – Peringati Hari Pangan Sedunia, Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (HIMAGHITA) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menggelar HIMAGHITA Festival atau HIMFEST 2020.

HIMFEST merupakan bentuk kepedulian terhadap pangan di Indonesia. Kegiatan terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu SFCC (Student’s Food Creativity Competition), food expo, dan aksi pangan. Kali ini mengusung tema, “Food Foghter: Food for a Fair and Bright Generation by Trying to Improve Food Security During the Covid Pandemic.”

SFCC merupakan lomba karya tulis ilmiah dengan peserta pelajar SMA dan Sederajat. Temanya “Inovasi Pangan Fungsional Tradisional Berbasis Komoditas Holtikultura dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Selama Pandemi COVID-19”.

BEM UNS Undang Paslon Cawali-Cawawali Solo Dialog Terbuka

Bagi tim yang lolos seleksi abstrak dan full paper akan mengikuti tahap akhir, yaitu presentasi karya tulis pada tanggal 4 November 2020 via zoom. Ada 10 peserta yang lolos, yaitu dari SMKN 1 Temanggung, SMKN 1 Mojosongo, SMAN 2 Semarang, dan SMAN 1 Teras.

Kemudian SMKN 1 Mejayan, SMA Islam Diponegoro, SMAN 90 Jakarta, MAN 4 Bantul, SMAN 1 Kejobong, dan SMKN 1 Temanggung. Disebutkan dari 10 peserta tersebut, juara I diraih SMKN 1 Temanggung, Juara II SMAN 1 Teras, dan Juara III SMAN 1 Mejayan. Sedangkan untuk kategori best speaker HIMFEST 2020 diraih oleh SMAN 2 Semarang dan kategori best poster SMA 1 Kejobong.

Mantul! Pemkab Karanganyar Terima BSPS 580 Unit di 2020

Aksi Pangan

Kegiatan lainnya di HIMFEST, adalah Food Expo adalah Charity Concert sebagai bentuk penggalangan dana kepada masyarakat yang membutuhkan. Pada konser amal ini, ada beberapa penyanyi terkenal yang ikut meramaikan acara, di antaranya Brefe, Mitty Zasia, dan Fajar Merah.

Food Expo dilaksanakan pada 20 November 2020 sejak pukul 19.30 di channel YouTube I-Great dengan judul “Feed for Love”. Charity Concert ini berhasil menghimpun donasi sebesar Rp6.317.932 dengan 2.400 viewer dalam waktu dua jam.

Duh, Talut Jalan Provinsi di Wonogiri Ambrol

Sedang Aksi Pangan merupakan kegiatan penutup dari rangkaian HIMFEST 2020 dengan tema “Food Equality” untuk penyaluran dana hasil Charity Concert. Kegiatan ini bekerjasama dengan lembaga penggalangan dana, yaitu Aksi Cepat Tanggap Solo (ACT Solo).

Aksi Pangan dilaksanakan pada 27 November 2020, berupa pendistrubusian 100 paket sembako, masker. Kemudian sabun cuci tangan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di Kecamatan Laweyan, Solo.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom