SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Hillary Clinton. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

WASHINGTON— Hillary Clinton resmi mengundurkan diri sebagai Menteri Luar Negeri ke-67 Amerika Serikat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Terima kasih,” kata Hillary dalam sambutan perpisahannya di lobi gedung Departemen Luar Negeri AS, Jumat (1/2) waktu setempat.

“Saya berdiri di sini memandang kalian semua, orang-orang yang saya hormati karena telah bekerja sama dalam empat tahun terakhir. Sebuah pengalaman yang luar biasa bersama kalian.”

Ekspedisi Mudik 2024

Sejak memangku jabatan pada Januari 2009, Hillary telah mengunjungi 112 negara atau sejauh 950.000 mil yang membuatnya menjadi menteri tersibuk mengunjungi berbagai tempat dalam sejarah AS.

Namun, dia dinilai meninggalkan aib saat terjadi serangan mematikan di Konsulat AS Benghazi, Libya, sehingga menewaskan Duta Besar Christoper Stevens dan tiga warga AS lainnya.

Pascaserangan itu banyak pihak melancarkan kritikan atas pengamanan di Kedutaan Besar AS.

Dalam sambutannya, Hillary mengakui bahwa orang AS hidup dalam bahaya merujuk pada serangan Kedutaan AS di Ankara, Turki, Jumat waktu setempat.

“Saya sangat bangga menjadi menteri luar negeri. Saya akan merindukan Anda semua,” katanya kepada staf departemen luar negeri yang hadir.

Ia mengemukakan pula, “Secara pribadi, saya berharap Anda ke arah yang lebih baik lagi.”

Seusai memberi sambutan, Hillary meninggalkan lobi gedung Deplu AS masuk ke mobil limosin biru tua.

Senator dari Partai Demokrat, John Kerry, telah dilantik sebagai Menteri Luar Negeri AS dalam sebuah upacara pribadi pada Jumat, tak lama setelah Hillary mundur.

Deplu AS akan mengadakan upacara penyambutan John Kerry pada hari Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya