SOLOPOS.COM - Atraksi Hell Driver digelar para biker anggota Ikatan Sport Harley Davidson (ISHD) Jakarta di Landasan Udara (Lanud) Adi Sumarmo Solo dalam kegiatan Solo Bike Rendezvouz 2012, Minggu (1/9/2012).(Espos/Tri Rahayu)

Atraksi Hell Driver digelar para biker anggota Ikatan Sport Harley Davidson (ISHD) Jakarta di Landasan Udara (Lanud) Adi Soemarmo Solo dalam kegiatan Solo Bike Rendezvouz 2012, Sabtu (1/9/2012).(Espos/Tri Rahayu)

Terik matahari begitu panas di sisi selatan landasan udara (Lanut) Adi Soemarmo Solo, Sabtu (1/9/2012) siang. Motor gede (moge) milik para biker dari berbagai klub diparkir berderet dari barat ke timur menghadap landasan pacu pesawat di Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo. Tak jauh dari lokasi parkir itu terdapat tiga pesawat layang untuk kegiatan joy flight bagi para biker.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Arena lanud itu merupakan pusat rangkaian kegiatan Solo Bike Rendezvouz yang digelar para penggemar moge secara nasional. Sebuah panggung musik mini berdiri di sisi barat tempat parkir moge untuk memeriahkan suasana. Tak sedikit para biker yang berpose mengabadikan momentum bersama para model lokal di lokasi itu. Bahkan Komandan Lanud Adi Sumarmo, Kolonel (Pnb) Kusworo SE MM pun didaulat para biker moge untuk mendendangkan sebuah lagu di panggung kecil itu.

Selain itu, perwira melati tiga itu juga diminta ikut serta dalam atraksi hell driver bersama anggota Ikatan Sport Harley Davidson (ISHD) Jakarta dalam kesempatan itu. Hell Driver merupakan atraksi satu motor yang ditumpangi banyak orang, biasanya sampai 15 orang. Kolonel (Pnb) Kusworo duduk pada sebuah gigi tangga besi paling atas dalam atraksi itu. Para anggota ISHD berdiri dengan berpegangan pada tangga itu.

“Saya baru kali pertama ikut atraksi seperti itu. Saya akui mereka sudah terlatih betul. Bagi saya itu sebuah kejutan, apalagi even seperti ini ya baru kali ini digelar di lanud ini. Semoga kegiatan para penggemar moge ini bisa terus dilaksanakan di Solo. Apalagi animo masyarakatnya cukup banyak sehingga bisa mengangkat Solo yang cinta damai,” ujar Kolonel (Pnb) Kusworo saat dijumpai Solopos.com seusai ikut atraksi.

Kusworo sempat menantang para biker  untuk uji nyali joy flight menaiki pesawat layang. Ada tiga unit pesawat layang yang disediakan Danlanud Adi Soemarmo. “Ayo, saya tantang, kalau berani silakan uji nyali dengan pesawat layang itu,” seru Kusworo seraya naik panggung dengan membawa pengeras suara.

Sebagian besar biker hanya tersenyum merespons ajakan Danlanud. Termasuk Bayu Sahid Nugroho, Sekretaris Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Solo yang dipercaya menjadi Ketua Pelaksana Solo Bike Rendezvouz 2012. Acara tersebut diikuti sebanyak 500 orang biker dari berbagai kota di Jawa dan di luar Jawa.

“Dari HDCI saja ada 19 klub perwakilan berbagai kota. Ada juga dari Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI), Motor Besar Club (MBC), Medok Club dan sebagainya. Kegiatan kami banyak, tidak hanya di Lanud Adi Soemarmo. Sebelumnya kami bakti sosial dengan membagikan 50 paket sembako bagi abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta,” ujar Bayu.

Pembagian sembako juga digelar di lanud, yakni sebanyak 250 paket. Dengan kegiatan itu, Bayu ingin menunjukkan kepada publik bahwa Solo damai, meskipun terjadi tragedi penembakan polisi. Bayu dan teman-temannya sengaja mengangkat tema The Spirit of The Brotherhood and Peace. Kebersamaan dan kedamaian itu menjadi semangat tersendiri bagi mereka.

“Kami juga ingin menghilangkan stigma buruk bagi moge, dengan slogan no complain, no accident. Keluhan masyarakat dan kecelakaan karena ulah moge itu yang kami hilangkan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya