Tutup Iklan

Hilangkan Kecemasan dengan Hipnotis 5 Jari, Begini Caranya

Salah satu cara mengatasi gangguan kecemasan adalah dengan melakukan hipnotik 5 jari.

 Ilustrasi cemas. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cemas. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada cara mudah untuk mengatasi atau meredakan kecemasan yaitu dengan melakukan hipnotis 5 jari. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun pikiran positif dan mengusir setiap pikiran negatif yang melintas dalam diri kita.

Sesuai namanya,  hipnotis 5 jari, menggunakan lima jari yang kita miliki untuk memikirkan hal-hal yang positif. Sekali lagi, Anda hanya diminta memikirkan hal-hal yang positif. Caranya dengan mengasosiasikan semua hal positif setiap ibu jari atau jempol bersatu dengan jari lainnya.

Dikutip dari buku Pedoman Dukungan Kesehatan Jiwa Dan Psikososial Pada Pandemi Covid-19 dan Bisnis.com, Kamis (28/10/2021),  berikut cara untuk melakukan hipnotis 5 jari:

1. Satukan jempol dan telunjuk sambil membayangkan kondisi tubuh yang sehat.

2. Satukan jempol dengan jari tengah sambil membayangkan orang-orang yang sayang dan perhatian.

3. Satukan jempol dengan jari manis sambil membayangkan prestasi, penghargaan dan pujian yang pernah dialami.

4. Satukan jempol dengan kelingking sambil membayangkan tempat yang paling indah yang pernah dikunjungi sambil membayangkan keindahannya.

Baca Juga: Ini Dia Juri Festival Film Indonesia 2021, Siapa Saja?

Panduan hipnotis 5 jari dalam buku yang diterbitkan oleh Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan ini selintas tampak sederhana. Namun jika dilihat manfaatnya dalam mensugesti diri, Anda mungkin tidak pernah membayangkannya.

Dari pendekatan ilmu komunikasi, langkah self talk berupa  hipnotis 5 jari merupakan salah satu bentuk komunikasi intrapersonal, yakni saat kita berbicara pada diri sendiri dan mendorong diri kita untuk bangkit dan membangun citra diri yang positif. Anda yang sehat memerlukan terapi ini agar semakin positif, begitu pula jika Anda sedang kebagian jatah disinggahi Covid-19. Terapi hipntosis lima jari ini dilakukan dengan cara pasien memikirkan pengalaman yang menyenangkan, dengan harapan tingkat kecemasan pasien akan menurun.

Baca Juga: Gagal Menikah dengan Richard Kyle, Begini Nasib Kebaya Pengantin Jedar

Hipnotis berupa seni komunikasi verbal ini bertujuan membawa gelombang pikiran subjek menuju trance (gelombang alpha/theta) yang dikenal juga dengan hipnosis diri untuk pemograman diri, menghilangkan kecemasan dengan melibatkan saraf parasimpatis dan akan menurunkan peningkatan kerja jantung, pernafasan, tekanan darah, kelenjar keringat. Hipnosis 5 jari dapat menimbulkan efek relaksasi yang tinggi sehingga akan mengurangi ketegangan dan stres, ansietas (kecemasan) pada pikiran seseorang.

Tak hanya untuk menghalau teror Covid-19 dalam pikiran Anda, hipnotis 5 jari ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun pikiran positif dalam keseharian Anda. Pendeknya, ketika ada pikiran negatif melintas apalagi mengganggu, jangan biarkan ia berlama-lama berada dalam pikiran Anda dan langsung katakan setop!


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Doa Ketika Terjadi Gunung Meletus, Agar Terhindar dari Bahaya

Berikut ini terdapat bacaan doa yang bisa dilafalkan ketika ada bencana alam gunung meletus menurut ajaran Islam, agar terhindar dari bahaya.

Perempuan Cerdas Cenderung Sulit Jatuh Cinta, Ini Penyebabnya

Nah bagi Anda kaum pria yang sedang berusaha menaklukkan hati si dia, tak ada salahnya mengetahui terlebih dulu apa penyebab perempuan cerdas cenderung sulit jatuh cinta.

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.