Hiii... Pendaki Gunung Salak Berubah Jadi Pocong

Kisah misteri kali ini tentang seorang pendaki Gunung Salak yang berubah menjadi pocong akibat pesugihan.

 Gunung Salak. (Wikipedia)

SOLOPOS.COM - Gunung Salak. (Wikipedia)

Solopos.com, BOGOR — Kisah misteri terjadi di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Salah seorang pendaki dikabarkan berubah menjadi pocong secara mengejutkan akibat jimat pesugihan.

Promosi64% Pria di Solo Habiskan Waktu Lebih dari 41 Jam/Pekan untuk Bekerja

Kisah misteri tersebut viral berkat unggahan pengguna akun Twitter @arangga_aria. Kisah ini bermula dari mantel yang merupakan jimat pesugihan milik orang tua salah satu pendaki.

Kisah yang terjadi pada 2008 ini bermula saat tujuh orang pendaki naik ke Gunung Salak. Rombongan ini terdiri dari empat pria dan dua wanita asal Jakarta.

Baca juga: Misteri Gunung Salak Sebagai “Kuburan” Pesawat

Kala itu Aria saat yang dalam keadaan mendesak dan membutuhkan uang untuk study tour ke Jogja menerima tawaran sebagai pemandu untuk menemani rombongan pendaki tersebut bersama temannya. Perjalanan mereka dimulai dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Saat itu angin berembus kencang dan banyak suara-suara binatang yang membuat bulu kuduk merinding. Tiba-tiba, mantel salah satu pendaki bernama Ririn hilang saat bermalam di Gunung Salak. Ririn pun meminta rombongan mencari mantel itu karena takut dimarahi sang ayah lantaran tidak izin saat membawa mantel tersebut.

Anggota rombongan itu pun dengan sigap membantu Ririn mencari mantelnya. Akan tetapi hasilnya nihil dan mereka memutuskan beristirahat.

Baca juga: Kokoh! Ini Satu-Satunya Rumah Selamat saat Erupsi Gunung Semeru

Sebagai tour guide, Aria pun menjaga tenda. Tiba-tiba, dia melihat mantel milik Ririn melayang di sekitar tenda. Tak lama kemudian, Ririn yang buang air kecil di sekitar sungai di jalur pendakian Gunung Salak itu pun kembali ke tenda dan membawa mantelnya yang ditemukan secara tidak sengaja.

Perjalanan para pendaki ini pun dilanjutkan dengan berkumpul mengelilingi api unggun pada malam ketiga. Di tengah agenda Ririn masuk ke tenda untuk mengambil mantel. Namun dia mendadak menjerit seperti orang kesurupan.

Ririn berteriak meminta tolong agar mantelnya dilepaskan. Namun, usahanya tidak membuahkan hasil. Ririn pun meloncat ke sana kemari sambil menangis meminta tolong dan akhirnya menghilang. Salah seorang teman Ririn, Mita, yang melihat kejadian tersebut akhirnya pingsan.

Baca juga: Mitos Gunung Slamet Meletus Bikin Pulau Jawa Terbelah, Benarkah?

Jadi Pocong

Dikabarkan Okezone.com, Selasa (7/12/2021), sejak saat itu kondisi Ririn berubah-ubah, kadang menjadi pocong dan manusia. Melihat kondisi itu, para pendaki lainnya pun memutuskan turun Gunung Salak untuk meminta pertolongan.

Singkat cerita, ayah Ririn yang dihubungi langsung menuju lokasi. Dia pun mencari keberadaan anaknya yang hilang di Gunung Salak diduga diusir oleh makhluk halus yang menunggu tempat itu.

Pencarian Ririn dilakukan selama tujuh hari berturut-turut. Sampai akhirnya pada hari ketujuh Ririn ditemukan di atap permukiman warga sambil menangis.

Baca juga: 3 Misteri Gunung Prau: Ada Pintu Gaib Bikin Pendaki Tersesat

Proses pencarian itu pun membutuhkan bantuan ustaz dan orang pintar. Butuh perjuangan pula untuk melepaskan mantel yang dikenakan Ririn. Mantel itu berkali-kali berubah menjadi kain kafan yang membuat Ririn tampak seperti pocong.

“Pas dilepasin kainnya itu kain berubah jadi mantel lagi. Pocong itu kembali jadi Ririn lagi, tapi dia telanjang badannya kotor, bau busuk gitu,” tulis pemilik akun tersebut.

Meski terdengar mengerikan, sampai saat ini cerita misteri tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Akan tetapi selama ini Gunung Salak yang berada di Jawa Barat ini memang dikenal angker. Gunung tersebut jarang dikunjungi pendaki karena terkesan angker.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Zaini Mustofa Buka Posko Pengaduan Investasi Yusuf Mansur

Rencana pembentukan posko pengaduan itu dipicu banyaknya orang yang menghubungi dirinya dan mengaku menjadi peserta investasi Yusuf Mansur.

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

KPK Klarifikasi Laporan tentang Gibran dan Kaesang, Apa Hasilnya?

Ali menjelaskan setiap laporan masyarakat akan ditindaklanjuti oleh KPK dengan melakukan klarifikasi dan verifikasi terlebih dahulu.

Bluelink Bikin Hyundai Creta Lebih Cerdas

Creta mempersembahkan beragam fitur yang memanjakan pengemudi dan penumpang salah satunya Bluelink.

Ketua PCNU Sidoarjo dan Jember Minta Maaf Terlibat Politik Praktis

Pemanggilan PCNU Sidoarjo dilandasi adanya laporan kegiatan yang diinisiasi DPC PKB Sidoarjo dan melibatkan seluruh MWCNU se-Kabupaten Sidoarjo.

Ibu Kota Baru Negara Ini Dijuluki Kota Hantu, Kok Bisa?

Salah satu ibu kota baru di negara Asia Tenggara ini dijuluki kota hantu.

Ridwan Kamil: Jakarta Dulu Tak Dipersiapkan Jadi Ibu Kota

Berkaca pada sejarah ada tiga lokasi yang sempat disurvei untuk dijadikan ibu kota yakni Bandung, Malang dan Surabaya.

Sinkronisasi Data Haji Diharapkan Cukup dengan NIK

Zudan berharap Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag bisa menyusul Ditjen Pajak Kemenkeu yang menggantikan NPWP dengan NIK

Datangi Ogan Ilir, Yusuf Mansur Wisuda 715 Santri Penghafal Alquran

Ustaz Yusuf Mansur menghadiri acara Wisuda Akbar Ke-2 Ogan Ilir Menghafal di Gedung Serbaguna Tanjung Senai, Ogan Ilir, Sumatra Selatan

Palsukan Surat, Pegawai Kemenkeu Ikut Bancakan Aset BLBI

Pegawai Kemenkeu yang terlibat dalam pemalsuan surat BLBI bukan 11 orang melainkan hanya satu orang.

Kastil Drakula di Rumania, Simpan Misteri Mahkluk Pengisap Darah

Terlepas dari kepercayaan ada tidaknya sosok drakula itu, nama drakula ternyata identik dengan salah satu kastil era abad pertengahan yang masih berdiri tegak di Rumania. K

+ PLUS Mengapa Penangkapan Pengguna Narkotika Tak Mengurangi Kasus

Glorifikasi penangkapan pengguna narkoba, terutama para artis atau figur publik, hanya memperkuat stigma pengguna narkoba adalah penjahat. Kondisi demikian tak mendukung upaya rehabilitasi pengguna atau korban narkoba.

Segini Total Harta Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang?

Jumlah harta warisan Oei Tiong Ham, pengusaha terkaya asal Semarang, Jawa Tengah, yang dijuluki sebagai Raja Gula Asia, yang sangat banyak sempat menjadi sengketa.

Pengumuman! Mataram Siapkan 4.730 Kamar Hotel Sambut MotoGP Mandalika

Pemkot Mataram menyediakan 4.730 kamar hotel untuk penonton dan wisatawan selama penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Kerja Sama RI-Singapura, Kapolri: Pengusutan Kejahatan Lebih Mudah

Perjanjian ekstradisi akan meningkatkan peran kepolisian dalam penegakan hukum di kasus tindak pidana korupsi, pencucian uang, suap, perbankan, narkotika, hingga terorisme

Menteri Luhut, Kapan 8 Buronan BLBI Diekstradisi dari Singapura?

Salah satu perjanjian kerja sama yang disepakati pemimpin RI dan Singapura adalah pembaruan perjanjian ekstradisi koruptor.