SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ketika hari masih gelap, Jon Koplo, warga sebuah desa di Wonogiri ini mendengar suara orang menyapu halaman dengan sapu lidi srak-srek-srak-srek… suaranya terdengar dari jauh semakin lama semakin dekat hingga sampai ke halaman rumah Mbah Cempluk, tetangganya yang baru tiga hari lalu dimakamkan.

Merasa penasaran, Jon Koplo ingin melihat siapa orangnya. Namun betapa kagetnya Koplo, ternyata yang terlihat adalah sosok Mbah Cempluk! Seketika bulu kuduk Koplo berdiri, merinding ketakutan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kebetulan dua orang penghuni kos putri di samping rumah Koplo yang juga melihat langsung njerit dan semaput melihat penampakan Mbah Cempluk.

“Masa iya ada hantu kok pagi-pagi?” batin Koplo penasaran.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan mulut umak-umik, Jon Koplo memberanikan diri mendekat sambil membawa gebuk untuk menjaga segala kemungkinan. Para penghuni kos putri hanya bisa melihat dari jauh sambil menggiggil ketakutan.

Mbah, nuwun sewu, panjenengan niku menungsa napa lelembut?” tanya Koplo dikendel-kendelke.

Nggih menungsa ta, Nak. Sampeyan niku aneh-aneh mawon,” jawabnya tanpa menoleh dan terus menyapu.

Tiba-tiba dengan sigap Koplo memencet jempol kaki kiri nenek itu. Tentu saja yang dipencet njerit kesakitan, “Adhuuuh…!” sambatnya. Kemudian Koplo memegang lengannya.

Panjenengan sinten Mbah, kok taksih dalu sampun nyapu latar?” tanya Koplo.

Kemudian nenek tua itu bercerita bahwa dia adalah Mbah Nicole, kembaran Mbah Cempluk yang selama ini tinggal terpisah.

Mendengar saudara kembarnya meninggal Mbah Nicole datang dan menyapu dari makam Mbah Cempluk hingga depan kamarnya. Itulah kepercayaan zaman dahulu untuk melancarkan almarhumah menghadap Yang Kuasa.

“Niku kudu dilakoni sakderenge subuh,” terangnya.

Oalaaah… tiwas mrinding!

(Purnawati Nuk Haryatmi, Jl Bima II No 9, Wonokarto RT 05/RW II Wonogiri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya