Hidupkan Kawasan Utara Klaten, Jalan Pemuda akan Dibikin Searah 24 Jam

Salah satu pertimbangan pemberlakuan Jalan Pemuda searah selama 24 jam untuk menghidupkan kawasan di jalur lingkar utara wilayah kota.

 Kendaraan melintas di ruas Jl. Pemuda di dekat Tugu Adipura, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (14/1/2022). Dishub Klaten berencana memberlakukan arus lalu lintas Jl. Pemuda searah selama 24 jam. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di ruas Jl. Pemuda di dekat Tugu Adipura, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (14/1/2022). Dishub Klaten berencana memberlakukan arus lalu lintas Jl. Pemuda searah selama 24 jam. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Arus lalu lintas Jalan Pemuda Klaten bakal dibikin searah selama 24 jam dari simpang empat Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, ke arah Tugu Adipura (Pemkab Klaten). Salah satu pertimbangan pemberlakuan itu untuk menghidupkan kawasan di jalur lingkar utara wilayah kota.

Promosi"Hei, Kita Masih Pacaran Kan?" Begitu Drama Layar Indonesia

Selama ini, ruas Jalan Pemuda dibuat searah dari simpang empat Bareng ke arah tugu Adipura mulai pukul 05.00 WIB-22.00 WIB. Di luar jam tersebut, kendaraan bisa melaju dari kedua arah.

Hanya, ruas jalur utama di tengah kota tersebut ditutup saban malam mulai pukul 21.00 WIB hingga 05.00 WIB sejak Juni 2021 untuk membatasi mobilitas, pencegahan persebaran Covid-19.

Baca Juga: Colek Bagian Sensitif dan Pukul Biduanita Klaten, Bento Menghilang

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, mengatakan rencana pemberlakuan Jalan Pemuda searah selama 24 jam itu dilatarberlakangi berbagai pertimbangan. Salah satunya mendukung pengembangan kawasan di sepanjang jalur lingkar utara di wilayah kota seperti Jalan Merbabu serta Jalan Mayor Kusmanto yang kini banyak menjamur restoran, kafe, dan warung-warung kuliner.

Pertimbangan lain yakni Jalan Pemuda rawan kecelakaan ketika ruas jalan diberlakukan dua arah mulai pukul 22.00WIB-05.00 WIB. “Pertimbangannya banyak hal seperti untuk meminimalisasi kecelakaan. Karena memang sering terjadi kecelakaan ketika di atas pukul 22.00 WIB dan lalu lintas sudah berlaku dua arah,” kata Supriyono saat ditemui di Pemkab Klaten, Jumat (14/1/2022).

Supriyono mengatakan rencana tersebut segera digulirkan. Kini Dishub masih membahas rencana Jalan Pemuda dibikin searah selama 24 jam itu di Forum Lalu Lintas Klaten yang melibatkan berbagai instansi termasuk Polres Klaten. “Mungkin dalam waktu dekat kami laksanakan. Tetapi harus kami bahas dulu di forum lalu lintas dengan mempertimbangkan berbagai segi,” urai dia.

Baca Juga: Dicolek & Dipukul Bento, Biduanita Klaten Ternyata Opname 5 Hari di RS

Di sisi lain, Supriyono mengatakan penutupan ruas jalan protokol yakni Jalan Veteran dan Jalan Pemuda (dari persimpangan Masjid Agung Al Aqsha Klaten hingga persimpangan Tegalyoso, Klaten Selatan) pukul 21.00 WIB-05.00 WIB hingga kini masih diberlakukan. Pemberlakukan penutupan itu sudah berlangsung sejak Juni 2021 lalu seiring peningkatan kasus Covid-19 di Klaten.

Setelah angka kasus Covid-19 menurun, penutupan ruas jalan protokol tersebut masih diberlakukan hingga kini. “Sampai saat ini penutupan jalan protokol masih diberlakukan. Kami sudah koordinasi dengan polres dan dari polres meminta gar penutupan masih diberlakukan. Ini sebagai upaya untuk mengurangi mobilitas, meminimalisasi potensi persebaran Covid-19,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tenaga Honorer akan Dihapus, Bupati Wonogiri Belum Tahu Maksud Pusat

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan belum mengetahui yang dimaksud pemerintah pusat mengenai penyelesaian masalah tenaga honorer dengan batas waktu 2023.

Event Wisata & Budaya Solo Digadang-gadang Tarik Minat Banyak Wisatawan

Pada masa pandemi, perlu ada beberapa penyesuaian untuk mendukung faktor kesehatan dalam pelaksanaan event-event besar di Kota Solo.

Eks TPA Gebangharjo Wonogiri Disulap Jadi Objek Wisata Bukit New Sogi

Objek wisata di eks TPA Gebangharjo saat ini dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul anak muda yang tinggal di wilayah sekitar.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik Wonogiri Hari ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Sabtu, 29 Januari 2022.

Damkar Sukoharjo Gandeng Semua Perusahaan Punya Hidran Jadi Mitra

Sekitar 20 perusahaan yang berdiri di Sukoharjo saat ini sudah menandatangani MoU dengan Damkar Sukoharjo dalam hal penanganan kebakaran.

Sensasi Makan Pentol Bakar 1 Meter di Sriwedari Solo, Pedasnya Nampol!

Seorang pedagang kuliner di selter barat Pengadilan Negeri Solo membuat inovasi unik yakni pentol bakar sepanjang 1 meter yang tidak hanya enak tapi juga mengenyangkan.

Dihapus pada 2023, Ini Jumlah Pegawai Honorer Pemkot Solo

Pegawai honorer atau tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK) di Kota Solo masih sangat dibutuhkan untuk memenuhi kekurangan jumlah PNS.

Puluhan Pegawai KAI Daop 6 Yogyakarta Jalani Tes Deteksi Narkoba

Puluhan pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta dari jajaran masinis hingga top management menjalani tes urine deteksi narkoba.

Jalan TMMD Bisa Pangkas Jarak di Sendangmulyo Wonogiri 8,5 Kilometer

TMMD akan membangun jalan baru berstruktur makadam yang menghubungkan Dusun Kraguman dengan Dusun Sendang.

PTM Terbatas 100 Persen Klaten Dievaluasi

Pemkab Klaten masih mengevaluasi kembali kegiatan PTM terbatas dengan mempertimbangkan perkembangan kasus Covid-19.

Kasus Covid-19 Meningkat, Klaten Kembali Perketat Pendatang

Kasus Covid-19 Klaten meningkat berawal dari para perantau yang berdatangan ke Klaten.

Ada Penyelundupan Narkoba, Tes Urine Warga Binaan Rutan Solo Negatif

Hasil tes urine secara acak terhadap 15 penghuni sel narkoba di Rutan Solo diketahui negatif. Tes urine ini menindaklanjuti penyelundupan jeruk berisi benda diduga sabu-sabu.

Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom

Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

Pemkot Solo Siapkan 3 Lokasi Darurat bagi Pedagang Pasar Mebel Gilingan

Selama pembangunan sentra IKM, sebanyak 85 pedaagang Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, akan dipindahkan sementara ke pasar darurat di tiga lokasi.

Keren, Desa Pondok Klaten Ubah TPS Liar Jadi Taman-Fasilitas Olahraga

Pembangunan kawasan taman sekaligus fasilitas olahraga di lahan tanah kas desa seluas kurang lebih 5.000 meter persegi itu menjadi bagian penataan wajah desa di Pondok.