Tutup Iklan

Hidupkan Atmosfer Stadion Manahan Solo, Pasoepati Usulkan “Suporter Kardus”

“Suporter kardus” diharapkan menghidupkan atmosfer di stadion mengingat penonton belum diperbolehkan menyaksikan langsung.

 Penampakan papan wajah suporter di markas Borussia Monchengladbach, Borussia Park, medio 2020 lalu. Suporter Persis Solo mengusulkan program serupa untuk menyemarakkan Liga 2 2021 yang digelar di Stadion Manahan. (Twitter Borussia Monchengladbach)

SOLOPOS.COM - Penampakan papan wajah suporter di markas Borussia Monchengladbach, Borussia Park, medio 2020 lalu. Suporter Persis Solo mengusulkan program serupa untuk menyemarakkan Liga 2 2021 yang digelar di Stadion Manahan. (Twitter Borussia Monchengladbach)

Solopos.com, SOLO—Sejumlah pendukung Persis Solo mengusulkan pemasangan papan bergambar wajah suporter atau “suporter kardus” di tribune Stadion Manahan dalam ajang Liga 2 2021. Langkah itu diharapkan menghidupkan atmosfer di stadion mengingat suporter belum diperbolehkan menonton langsung.

Pengadaan papan wajah suporter juga dapat menjadi alternatif pemasukan bagi klub. Wakil Sekjen DPP Pasoepati, Isnaini M. Fattah, mengatakan ada gagasan dari sejumlah pendukung untuk membikin papan wajah suporter di tribune Stadion Manahan.

Isna menilai kehadiran suporter yang diwujudkan dalam papan-papan kardus dapat menjadi penyemangat tersendiri bagi pemain. Selain itu, suporter juga memiliki ikatan batin lebih meski tak bisa hadir langsung di lapangan.

Baca Juga: Komentar Atta Halilintar setelah Gibran Rakabuming Sebut AHHA PS Pati Jago Kungfu

“Mungkin teknisnya suporter berfoto terus dicetak oleh manajemen. Ya ini baru usulan saja,” ujar Isna saat dihubungi Solopos.com, Jumat (24/9/2021).

Pemasangan wajah suporter di tribune terinspirasi klub Bundesliga, Borussia Monchengladbach. Ribuan “suporter kardus” mulai memenuhi Borussia Park, markas Monchengladbach, saat mereka menjamu Union Berlin pada 31 Mei 2020.

Itu menjadi upaya adaptasi Die Fohlen saat Bundesliga melarang kehadiran penonton karena pandemi Covid-19. Klub mematok sejumlah biaya untuk tambahan finansial maupun program amal. Program unik itu akhirnya diikuti sejumlah tim seperti Brighton & Hove Albion, Wolverhampton Wanderers, hingga klub Liga 1, Persela Lamongan.

Baca Juga: Persis Solo Siapkan Proyek Mega Store untuk Merchandise

 

Butuh Izin

Isna mengaku bakal berkomunikasi lebih lanjut dengan manajemen Persis ihwal usulan tersebut. Pihaknya memahami ada regulasi maupun izin yang perlu dipenuhi sebelum merealisasikan program.

Disinggung apakah program yang diusulkan suporter tersebut bakal berbayar seperti klub-klub Eropa, Isna menyebut hal itu belum dibahas. “Belum sampai arah sana. Kami masih fokus ke izinnya dulu apakah memungkinkan. Kalau oke, baru kami membahas hal teknisnya,” kata dia.

Suporter Persis asal Laweyan, Restu, mendukung wacana pemasangan wajah suporter di Stadion Manahan. Dia mengaku tak masalah merogoh sejumlah kocek untuk nyengkuyung rencana itu.

Baca Juga: Solo Tuan Rumah Liga 2, Transportasi hingga Tempat Latihan Siap Digunakan  

“Saya pikir ini kreativitas yang menarik. Mungkin bakal lebih mengena kalau dana yang terkumpul nanti bisa untuk program sosial,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Viral! Istri Messi Diminta Minggir saat Sesi Foto Ballon d'Or

Lionel Messi berhasil menyabet penghargaan Ballon d'Or 2021. Namun ada sebuah peristiwa menarik jelang jalannya acara penghargaan tersebut.

Juosss! Greysia/Apriyani Bekuk Pasangan Thailand 2 Game Langsung

Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses memetik kemenangan pada laga perdana fase penyisihan Grup A turnamen BWF World Tour Finals 2021.

Atta Halilintar Tak Tidur Gegara PSG Pati Sempat Terancam Degradasi

PSG Pati lolos dari jeratan degradasi ke Liga 3 setelah berhasil menahan imbang Hizbul Wathan FC di laga pamungkas Grup C.

Klasemen Akhir Liga 2: Persis Solo Juara Grup, PSIM Jogja Runner Up

Persis Solo keluar sebagai juara Grup C Liga 2 setelah menyelesaikan 10 laga. Sementara PSIM menjadi runner up. Keduanya pun lolos ke babak 8 Besar Liga 2.

Live TVRI, Berikut Jadwal BWF World Tour Finals Hari Ini

BWF World Tour Finals 2021 mulai digeber pada Rabu (1/12/2021).

PSIM Jogja Lolos ke 8 Besar, Seto: Salam untuk Mas Kaesang

PSIM Jogja berhasil mengalahkan Persijap Jepara 1-0 di laga penutup fase grup Liga 2 di Stadion Manahan pada Selasa (30/11/2021) malam.

Mantap! Kalahkan Persipa, Persebi Jaga Rekor Menang di Liga 3 Jateng

Persebi Boyolali memastikan tiket ke semifinal Liga 3 Jateng dengan status juara Grup G setelah menundukkan Persipa Pati 4-3.

Bekuk Persijap Jepara, PSIM Jogja Lolos ke 8 Besar Liga 2

PSIM Jogja sukses melaju ke babak 8 Besar Liga 2 setelah mengalahkan Persijap Jepara.

PSG Pati Bertahan di Liga 2, Pelatih: Terima Kasih Bos Atta Halilintar

PSG Pati aman dari jeratan degradasi setelah mampu menahan imbang Hizbul Wathan FC (HWFC) pada laga pamungkas fase penyisihan grup.

Ronaldo Diejek Soal Ballon d'Or, Messi Membela

Cristiano Ronaldo disebut baru akan pensiun jika berhasil melewati jumlah trofi Ballon d'Or yang dimiliki Lionel Messi.

Imbangi HWFC, PSG Pati Aman dari Degradasi

Tim kebanggan warga Muhammadiyah, Hizbul Wathan Football Club (HWFC) harus degdradasi ke Liga 3 setelah bermain imbang 1-1 melawan PSG Pati.

Messi Kembali Raih Ballon d'Or, Ronaldo Jadi Bahan Lelucon

Lionel Messi kembali memenangkan trofi Ballon d'Or ketujuh kalinya dalam yang digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, pada Selasa (30/11/2021).

Hasil Lengkap Undian BWF World Tour Finals

BWF World Tour Finals menjadi turnamen bulu tangkis penutup pada 2021 ini.

Kalah Lawan PSCS Jadi Performa Terburuk Persis Solo di Fase Grup

Dari sepuluh laga yang sudah dijalani Persis Solo, laga kontra PSCS Cilacap pada Senin (29/11/2021) malam menjadi laga paling buruk skuad Laskar Sambernyawa.

Persis Solo Dihajar PSCS, Coach Eko: Kami Akan Evaluasi!

Persis Solo menelan kekalahan saat melawan PSCS Cilacap pada laga pamungkas fase penyisihan grup.