Hidupi 3 Anak, Segini Penghasilan Ibu Kakak-Beradik Pemulung di Solo

Ibu kakak-beradik yang menjadi pemulung di Kota Solo menceritakan perjuangannya menghidupi tiga anak dengan penghasilannya dari menjual barang rongsokan.

 Bagas dan ibunya, Ani, memungut sampah plastik di kawasan Terminal Tirtonadi, Solo, Minggu (26/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

SOLOPOS.COM - Bagas dan ibunya, Ani, memungut sampah plastik di kawasan Terminal Tirtonadi, Solo, Minggu (26/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Kisah dua kakak-beradik Bagas dan Risky yang menjadi pemulung di Kota Solo pada usia yang masih sangat muda mengundang empati berbagai kalangan masyarakat.

Sejumlah bantuan mengalir ke keluarga kecil itu dari bantuan makanan hingga konseling dari Pemkot Solo dan Pemkab Boyolali. Pemkab Boyolali menawarkan untuk memfasilitasi keluarga itu karena ibunda Bagas, Ani Sri Andani, tercatat sebagai warga Karanggede, Boyolali.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Namun, Ani menolak tawaran tersebut. Ani memilih tetap tinggal di Solo bersama ketiga anaknya. Bagas dan Risky kemudian didaftarkan sekolah di SD negeri di Gilingan, Solo, tak jauh dari tempat indekos mereka.

Ibu dari kakak-beradik Bagas dan Risky itu juga akan meneruskan pekerjaannya sebagai pemulung di Kota Solo. Seperti yang ia lakukan pada Minggu (26/6/2022) di Terminal Tirtonadi Solo. Ani bersama dua anaknya memungut botol bekas.

Memulung menjadi pekerjaan utama Ani untuk menghidupi ketiga anaknya, Bagas, Risky, dan Azka. Ani mengakui untuk hidup sehari-hari memang dirasa kurang.

Baca Juga: 2 Bocah Kakak Beradik Jadi Pemulung di Solo, Tinggal Di Rumah Indekos

Dalam satu hari dia menjual rongsok dengan hasil Rp30.000 hingga Rp40.000. Bahkan untuk membayar uang sewa indekos ia mesti mengumpulkan sedikit demi sedikit.

“Tidak pasti, kadang dapat Rp30.000, Rp40.000. Ini sudah waktunya bayar sewa indekos, ngumpulkan sedikit-sedikit,” paparnya dalam bahasa Jawa saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Terbiasa Mandiri

Ani menceritakan sejak dulu sudah terbiasa hidup mandiri. Hingga berkeluarga, dia tidak ingin merepotkan orang tuanya di Karanggede, Boyolali.

Ani merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Kakak pertamanya perempuan dan kakak kedua laki-laki tinggal di Jakarta. Sedangkan kakaknya yang ketiga, perempuan tinggal di Boyolali bersama ibunya. Ibu Ani seorang pedagang beras di pasar.

Baca Juga: Ibunda Bagas Pemulung Cilik Di Solo Ternyata Punya Kisah Memilukan

“Di rumah, [ibu] jualan beras di pasar,” ucap ibu kakak-beradik yang jadi pemulung di Kota Solo itu. Walau setiap bulan pulang ke Boyolali, Ani menegaskan tidak ingin tinggal di sana.

Saat ditanya alasannya, dia hanya berkata hubungannya sedang tidak baik-baik saja dengan kakak perempuannya yang ketiga. “Tidak apa-apa, sudah begini saja, ingin tinggal di Solo saja, jadi ribut dengan mbak saya,” ucapnya.

Sebelum tinggal di indekos wilayah Gilingan, Ani dan almarhum suaminya dulu tinggal di permukiman dekat tanggul Kali Anyar (sekarang menjadi Taman Tirtonadi). Setiap bulan Ani pulang ke Boyolali sekaligus mengambil uang bantuan program keluarga harapan (PKH) di kelurahannya.

“Kemarin dari Boyolali sana, saya mendapat bantuan PKH Rp500.000, ditelepon disuruh pulang ngambil uang di kelurahan [Karanggede) sana,” ujarnya.

Baca Juga: 2 Anaknya Jadi Pemulung Di Solo, Begini Penjelasan Ibunda Bagas-Risky

Ani juga bercerita kamarnya di rumahnya di Boyolali pernah kebakaran karena korsleting. Hal itu diketahui perempuan yang bekerja sebagai pemulung di Solo itu saat akan mengambil akta kelahiran kakak-beradik Bagas dan Risky untuk mendaftar sekolah.

Kebakaran

“Pulang, kemarin itu saya ngurus akta itu habis kebakaran. Rumah saya kamarnya kebakaran, korsleting. Boyolali rumahnya ibu saya, sudah punya akta semua, Risky, Bagas, Azka. Aktanya kebakar saya ya gimana, ngurus lagi kemarin,” ucapnya.

Bagas dan Risky akan disekolahkan di SDN Rejosari tahun ajaran 2022/2023 ini. Sebelum sang bapak meninggal, kata Ani, Bagas sebenarnya sudah ada rencana disekolahkan. Namun takdir berkata lain dan Ani terpaksa mengurungkan keinginan anak pertamanya itu.

Baca Juga: Cerita Bocah Pemulung Cilik Solo: Cari Rongsokan Sejak Usia 3 Tahun

Saat itu, kata Ani, Bagas belum mampu mengambil keputusan. Ia hanya ingin sekolah. Beberapa hari kemudian, sang bapak ingin pulang ke kampung halamannya di Gunung Kidul, DIY, karena merasa tidak enak badan.

Belum sampai rumah, ayah Bagas tidak kuat dan terpaksa dirawat di RSUD Wonosari dan mengembuskan napas terakhirnya di sana. Ani mengatakan almarhum suaminya tidak mempunyai riwayat penyakit apa pun.

“Tidak ada yang membantu, kalau bapaknya masih ada, sudah sekolah dari kemarin. Saya jawabnya begitu ke orang-orang, saya disuruh berbohong tidak mau,” ucapnya.

Kini, bantuan untuk keluarga bocah pemulung yang viral itu mulai berdatangan. “Sejak didatangi dinas itu langsung dicarikan buku sama pak polisi, Polsek Banjarsari. Kalau kemarin gantian polisi Semarang,” ucapnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).