SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO – Salat merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim. Selain berpahala, gerakan salat ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Sebab, gerakan salat merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup mudah dilakukan.

Gerakan mengangkat tangan saat takbiratul ihram hingga salam yang dilakukan secara tuma’ninah menjadi bekal di dunia dan akhirat. Ustaz Ahmad Syaifuddin, saat ditemui Solopos.com di Banjarsari, Solo, 12 September 2019, mengatakan, perkembangan teknologi membuat manusia dekat dengan gagdet dan lalai dengan urusan ibadah hingga hal kecil seperti olahraga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Itulah sebabnya banyak orang yang rentan terserang penyakit. Tidak seperti Rasulullah yang selalu sehat dan jauh dari penyakit. Ustaz Ahmad Syaifuddin mengatakan, hal itu terjadi lantaran Nabi Muhammad selalu berolahraga dan tak pernah meninggalkan salat.

“Rasulullah memerintahkan muslim berolahraga karena sangat bermanfaat. Ibadah akan menjadi lebih nyaman dan khusyuk ketika tubuh sehat. Tanpa disadari, salat merupakan gerakan olahraga terbaik. Setiap gerakannya menjauhkan muslim dari segala penyakit. Salat akan menjaga kesehatan jantung, otot, aliran darah, dan masih banyak lagi,” ujar pengajar di SD Muhammadiyah I Solo itu.

Ustaz Ahmad Syaifuddin menjelaskan terdapat riwayat yang menyebutkan Rasulullah sangat hobi berolahraga. Rasulullah dikenal sebagai ahli olahraga gulat. Dalam suatu cerita Nabi Muhammad disebutkan mendapat tawaran bergulat dari seseorang saat melakukan perjalanan.

Orang itu disebutkan meminta bukti kepada Nabi Muhammad bahwa Allah Maha Perkasa dan tentunya Rasulullah juga orang yang kuat. Rasulullah lantas menerima tantangan gulat itu berhasil mengalahkan penantang tersebut. Tidak terima kalah dari Rasulullah, penantang itu mengajak bergulat kembali namun ia kembali kalah.

Tak hanya itu, diriwayatkan ketika masa kepemimpinan Umar bin Khatab menegur salah seorang muslim berperut buncit. Umar bin Khatab lantas menyuruh orang itu berolahraga agar ketika berperang melawan musuh Islam tidak kesulitan mengendalikan tubuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya