SOLOPOS.COM - Rumah Jipi Ardiansyah di Kemlayan, Serengan, Solo. (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, SOLO — Kisah Jipi Adriansyah, bocah 10 tahun yang berjualan lotis keliling kawasan Coyudan dan Singosaren, Solo, demi membiayai sekolahnya sempat viral di media sosial.

Kisahnya mengundang kekaguman sekaligus pujian dari netizen. Tak sedikit netizen yang mendoakan agar Jipi menjadi orang sukses saat dewasa nanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penasaran dengan kehidupan Jipi, Solopos.com menelusuri ke rumahnya, Kamis (3/10/2019). Jipi tinggal di rumah kecil di gang sempit belakang Singosaren, RT 003/RW 003 Kemlayan, Serengan, Solo.

Jipi merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Dia bersama dengan kedua orang tuanya dan kakaknya tinggal di rumah sempit berukuran sekitar 5 meter persegi dan hanya ada satu ruangan.

Rumah berdinding batako itu tak lebih luas dari ukuran kamar indekos pada umumnya. Di depan rumah tersebut ada lemari kecil dari kayu dan tripleks berukuran sekitar 3 meter persegi.

Baca juga: Kisah Jipi Ardiansyah, Bocah SD Solo Jualan Lotis Demi Biayai Sekolah

Almari itu untuk menyimpan pakaian-pakaian sekeluarga sekaligus ruang ganti baju. Jipi biasanya pulang sekitar pukul 14.00 WIB dari sekolahnya di SDN 21 Kartopuran, Solo, dijemput ayahnya, Suyatno.

Sepulang sekolah, dia langsung ganti baju dan menyusul ibunya yang sudah selesai berkeliling menjajakan lotis buah di bawah pohon beringin belakang Singosaren Plaza.

Jika dagangan ibunya masih tersisa, dia langsung bergegas menjajakannya ke dalam toko-toko di Pasar Singosaren, Solo, dan berkeliling dari Coyudan hingga Pasar Klewer.

Ibunda Jipi Adriansyah, Nunuk Kustinah, 52, menceritakan sebelum Jipi membantunya berjualan, anak keduanya terlebih dulu membantu. Namun, sekitar tiga tahun lalu, kakak Jipi itu pergi bekerja di Malaysia.

Dia pun lalu meminta Jipi membantu jualan lotis saat libur sekolah. Tak disangka, Jipi justru semangat membantu orang tuanya ketika masa sekolah sudah mulai kembali.

Rumah Jipi Ardiansyah di Kemlayan, Serengan, Solo, Kamis (3/10/2019). (Solopos/Candra Mantovani)

Rumah Jipi Ardiansyah di Kemlayan, Serengan, Solo, Kamis (3/10/2019). (Solopos/Candra Mantovani)

“Awalnya saya minta bantu setiap pagi buat titipin ke toko-toko. Ternyata dia pengin bantu terus kalau pulang sekolah. Hingga saat ini terus bantu. Setiap pulang sekolah selalu datang ke saya untuk melihat apakah masih ada sisa jualan atau tidak. Kalau masih ada, dia langsung bawa keliling untuk dijual sampai habis,” bebernya.

Nunuk bersyukur memiliki anak seperti Jipi yang tidak malu membantu orang tuanya berjualan. Nunuk sebagai tulang punggung keluarga sangat terbantu oleh Jipi.

Ayah Jipi, Suyatno, sudah sejak 18 tahun lalu berhenti bekerja sebagai penarik becak lantaran masalah kesehatan. “Bapaknya itu sudah tidak sanggup kerja karena sakit. Sering sakit kepala. Saya dulu sempat kerja di konfeksi, tapi karena sudah pindah jadi banting setir jual lotis sejak tiga tahun lalu,” imbuh dia.

Jipi Ardiansyah bersiap untuk jualan lotis sepulang sekolah, Kamis (3/10/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Jipi Ardiansyah bersiap untuk jualan lotis sepulang sekolah, Kamis (3/10/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Nunuk menjelaskan Jipi sempat bercerita ada teman yang beberapa kali mengejeknya karena berjualan lotis. Namun, Nunuk menjelaskan berjualan itu merupakan perbuatan mulia karena berbakti membantu orang tua.

Jipi adalah tipe pekerja keras dan mau bekerja apa saja. Ketika musim hujan tiba, Jipi juga menjajakan jasa ojek payung Singosaren Plaza.

“Sering dia tanya, kok enggak hujan-hujan ya. Pengin ngojek payung biar dapat uang lebih. Saya kasihan, sebenarnya, tapi mau bagaimana lagi, saya bersyukur juga karena anak saya sangat perhatian dengan kondisi keuangan kami,” bebernya sambil berlinangan air mata.

Nunuk berharap Jipi bisa mewujudkan cita-citanya sebagai polisi. Meskipun dalam keadaan ekonomi yang serbakekurangan, dia percaya kerja keras Jipi akan menuai hasil di masa depan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya